//

MORFOMETRIK, MERISTIK, DAN BIOREPRODUKSI IKAN KERAPU EPINEPHELUS MERRA DI PERAIRAN UTARA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AKMAL HANIF - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ikan kerapu merupakan ikan komersial penting di daerah tropis dan memiliki permintaan pasar yang tinggi, akan tetapi data terkait ikan kerapu, khususnya Epinephelus merra, masih sangat terbatas data tersebut meliputi morfometrik, meristik, dan bioreproduksi spesies tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis karakter morfometrik, meristik, dan bioreproduksi ikan kerapu E. merra di perairan utara Aceh. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni sampai Oktober 2020. Ikan kerapu E. merra yang digunakan sebagai sampel berasal dari hasil tangkapan nelayan ikan di perairan utara Aceh yang didaratkan di Pelabuhan Perikanan Samudra (PPS) Lampulo, Kuta Alam, Banda Aceh. Sampel kemudian dianalisis di Laboratorium Genetika dan Biodiversitas Akuatik, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Syiah Kuala. Sebanyak 180 ekor ikan kerapu E. merra telah dianalisis selama penelitian ini. Sebanyak 60 ekor sampel digunakan untuk pengukuran morfometrik tradisional, morfometrik truss network, dan meristik. Sebanyak 180 ekor sampel digunakan untuk analisis hubungan panjang – berat dan sebaran ukuran panjang. Sebanyak 150 ekor sampel digunakan untuk analisis rasio kelamin, tingkat kematangan gonad (TKG), dan indeks kematangan gonad (IKG). Sebanyak 19 ekor sampel digunakan untuk analisis fekunditas telur, serta sebanyak 22 ekor sampel digunakan untuk analisis ukuran pertama kali matang gonad. Hasil penelitian menunjukan bahwa panjang total ikan kerapu E. merra berkisar antara 111,1–215,4 mm dengan rata-rata 162,92±21,68 mm. Hasil tersebut menunjukkan ikan kerapu E. merra yang ditangkap di perairan utara Aceh memiliki ukuran rata-rata yang kecil. Pola pertumbuhan ikan kerapu E. merra bersifat allometrik positif dimana pertambahan bobot lebih mendominasi daripada pertambahan panjang. Ikan kerapu E. merra yang didapatkan semuanya berjenis kelamin betina. Hal ini dikarenakan karakter reproduksi ikan kerapu E. merra termasuk karakter hermaprodit protogini. Puncak pemijahan ikan kerapu E. merra diperkirakan terjadi pada bulan Juni. Nilai indeks kematangan gonad (IKG) ikan kerapu E. merra berkisar antara 0,01–7,70% dan ukuran pertama kali matang gonad sebesar 150,46 mm TL. Tingkat kematangan gonad ikan kerapu E. merra yang paling banyak ditemukan yaitu pada TKG II, yang menandakan ikan kerapu E. merra yang ditangkap di perairan utara Aceh didominasi oleh ikan-ikan yang belum matang gonad. Fekunditas total ikan E. merra berkisar antara 4.993,54–128.023,44 butir telur, dengan fekunditas relatifnya berkisar antara 162,37–1.288,20 butir telur. Nilai fekunditas ikan kerapu E. merra sangat dipengaruhi oleh berat gonad dibandingkan dengan panjang tubuh dan berat tubuh. Hasil peneitian ini dapat digunakan sebagai acuan dasar budidaya dan sebagai perbandingan penelitian lainnya. Kata kunci: morfometrik, meristik, TKG, IKG, fekunditas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MORFOMETRIK, MERISTIK DAN BIOREPRODUKSI IKAN KERAPU EPINEPHELUS FASCIATUS DI PERAIRAN UTARA ACEH (CUT SYARIFAH ZAHARA, 2021)

MORFOMETRIK, MERISTIK DAN BIOLOGI REPRODUKSI IKAN KERAPU CEPHALOPHOLIS NIGRIPINNIS DI PERAIRAN UTARA ACEH (NIDYAH FANTARIH ROKA, 2021)

VARIASI MORFOMETRIK DAN MERISTIK IKAN BELANAK (MUGIL CEPHALUS) DI ESTUARIA SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH DAN KUALA GIGIENG ACEH BESAR (Khairunnisak, 2013)

MORFOMETRIK, MERISTIK DAN BIOLOGI REPRODUKSI IKAN KERAPU CEPHALOPHOLIS MINIATA DI PERAIRAN UTARA ACEH (ZULRAHMA ZHELFI, 2021)

STUDI MORFOMETRIK DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT DAN FAKTOR KONDISI FAMILI SERRANIDAE DI KAWASAN PERAIRAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Afriani Ramadhani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy