//

KETUNTASAN BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAIN STORMING PADA KONSEP EKOSISTEM (SUATU PENELITIAN DI MAN DARUSSALAM ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nazariah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dan mengetahui prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Brain Storming pada konsep Ekosistem di MAN Darussalam Aceh Besar. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode acak sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal pre-test dan post-test. Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa selama pembelajaran berlangsung, data dianalisis secara klasikal dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan jumlah siswa yang tuntas secara individual adalah 24 orang dan jumlah siswa yang belum tuntas secara individual adalah 3 orang, sehingga secara klasikal jumlah siswa yang tuntas adalah 88,88 %. Untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa digunakan rumus uji-t. Dari hasil analisis diperoleh harga t hitung= 14,12 dan ttabel pada taraf signifikan @ = 0.05 adalah 2,06, berarti harga thitung>t tabel. maka hipotesis Ha, diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode Brain Storming dapat menuntaskan hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada konsep Ekosistem di kelas 1 MAN Darussalam Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN DENGAN MODEL SUMBANG SARAN (BRAIN STORMING) PADA KONSEP DEMOKRASI KELAS VIII DI SMP 1 BAKONGAN TIMUR (Siti Asnah, 2014)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAIN STORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMAN 1 INGIN JAYA (Rini Mirnasari, 2014)

PERBANDINGAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE BRAIN STORMING DAN TIDAK MENGGUNAKAN METODE BRAIN STORMING PADA POKOK BAHASAN PASAR MODAL (SUATU TINJAUAN PADA SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 KUALA BATEE ABDYA) (Herri Faizah, 2021)

KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING PADA MATERI CAHAYA DAN OPTIK KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Nasriah, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (samidar, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy