//

PENGUASAAN KONSEP RANGKAIAN LISTRIK MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN METODE DEMONSTRASI MENGGUNAKAN KIT PADA SISWA SMP NEGERI 17 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nova Salisma - Personal Name

Abstrak/Catatan

Salah satu faktor rendahnya prestasi belajar fisika siswa adalah pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Siswa kurang aktif, hanya mengikuti apa yang diperintahkan guru, dan siswa hanya menjadi sebagai penerima informasi, metode mengajar yang sering digunakan adalah ceramah, dan guru jarang menggunakan media/alat pembelajaran Ada beberapa metode yang baik digunakan selain metode ceramah diantaranya metode eksperimen, metode diskusi, metode tanya jawab, dan metode demonstrasi sebagian siswa lebih memahami suatu materi pelajaran dengan melibat, mendengar dan melakukan sendiri percobaan sehingga baginya metode eksperimen lebih cocok diterapkan. Metode lain yang hampir sejenis dengan metode eksperimen adalah metode demonstrasi, siswa tidak melakukan percobaan, tetapi hanya memperhatikan apa yang diperlihatkan guru selama pelajaran berlangsung. Kedua metode ini dapat diterapkan dengan menggunakan Kit sebagai media. Berdasarkan uraian tersebut timbul permasalahan apakah terdapat perbedaan antara metode eksperimen dengan metode demonstrasi dalam meningkatkan penguasaan konsep rangkaian listrik dengan menggunakan Kit sebagai medianya? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penguasaan konsep rangkaian listrik yang diajarkan dengan metode eksperimen dan metode demonstrasi menggunakan Kit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SMP Negeri 17 Banda Aceh tahun ajaran 2004/2005 sebanyak 5 kelas berjumlah 210 siswa, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas III5 dengan jumlah siswa 33 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas III3, berjumlah 36 orang sebagai kelas demonstrasi. Analisis data menggunakan uji z. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan terdapat peningkatan siswa yang diajarkan dengan metode eksperimen dengan menggunakan Kit dibandingkan siswa yang diajarkan dengan metode demonstrasi yang juga menggunakan Kit.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH DENGAN MENGGUNAKAN KIT FISIKA PADA SISWA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2004/2005 (Nurjannah, 2021)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH (karmila, 2014)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN RNFISIKA PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS RNDI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Tia Ariani, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF RNTIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KERJA ILMIAH DAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN RNMANUSIA DI SMA NEGERI I SIGLI (ROSDIANI, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN (RAHMI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy