//

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wahyuni Nopasari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kemampuan pemahaman merupakan salah satu aspek yang menjadi tuntutan kurikulum NCTM 2000, disamping itu kurikulum 2013 juga menuntut siswa memiliki kompetensi sikap dalam belajar matematika yaitu disposisi matematis. Namun fakta menunjukkan bahwa kedua hal tersebut masih tergolong rendah. Untuk meningkatkan kedua kemampuan itu bagi siswa, guru diharapkan mampu merancang pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung selama pembelajaran, aktif berinteraksi dan berkomunikasi sesama siswa maupun dengan guru. Salah satu model yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kedua kemampuan tersebut adalah dengan menerapkan model Learning Cycle 5E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa yang belajar dengan model Learning Cycle 5E dan korelasi antara kemampuan pemahaman dan disposisi matematis belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Takengon. Sampel dipilih dua kelas secara acak, kelas (VII-2) diajarkan dengan model Learning Cycle 5E dan (VII-4) konvensional. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis tes yaitu tes kemampuan pemahaman matematis yang berbentuk esai dan angket disposisi matematis. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t didapat bahwa peningkatan kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa yang belajar dengan model Learning Cycle 5E lebih baik dari pada kelas yang belajar secara konvensional, dan berdasarkan uji korelasi product moment pearson diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan anatara kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa dengan tingkat keeratan hubungan pada katagori cukup.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Zinatun Hayati, 2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Rifki Maqfirah, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (Drs. Abubakar, 2015)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (MUHAMMAD IQBAL, 2018)

PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS DENGAN STRATEGI MATHEMATICAL HABITS OF MIND (ZURAIDA IM, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy