UPAYA GURU MENINGKATKAN NILAI KARAKTER KOMUNIKATIF PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

UPAYA GURU MENINGKATKAN NILAI KARAKTER KOMUNIKATIF PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL


Pengarang

Fitriani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1706104210003

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / PG PAUD (S1) / PDDIKTI : 86207

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Fitriani. 2021. Upaya Guru Meningkatkan Nilai Karakter Komunikatif Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dr. Bahrun. M.Pd (2) Rosmiati, S.Pd.I, M.Ed
Kata Kunci : Karakter Komunikatif, Permainan Tradisional, Anak Usia Dini
Karakter komunikatif yang dimaksud dalam penelitian ini adalah suatu tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul dan bekerjasama dengan orang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru meningkatkan nilai karakter komunikatif pada anak usia dini melalui permainan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai karakter komunikatif anak usia 5-6 tahun di TKIT Baitusshalihin melalui permainan tradisional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di TKIT Baitusshalihin. Subjek dalam penelitian ini adalah guru TKIT Baitusshalihin yang berjumlah sebanyak 4 orang guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi lapangan dan juga wawancara dengan guru. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan upaya guru dalam meningkatkan nilai karakter komunikatif pada anak usia dini adalah dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan perilaku yang baik dan guru menerapkan beberapa jenis permainan tradisional untuk meningkatkan karakter komunikatif pada anak salah satunya seperti permainan engklek, egrang, lompat tali, congklak, batok dan lain-lain. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa meningkatkan karakter komunikatif pada anak dapat dilakukan melalui permainan tradisional, yang mana guru harus sering memberikan waktu kepada anak untuk bermain permainan-permainan tradisional, dan menjelaskan kepada anak bahwasanya banyak sekali manfaat dari permainan tradisional tersebut.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK