PERBANDINGAN JUMLAH KOLONI STREPTOCOCCUS MUTANS SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR DENGAN OBAT KUMUR BUAH JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERBANDINGAN JUMLAH KOLONI STREPTOCOCCUS MUTANS SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR DENGAN OBAT KUMUR BUAH JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI)


Pengarang

QASHRI NAFISAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1713101010045

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran Gigi / Pendidikan Dokter Gigi (S1) / PDDIKTI : 12201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Karies gigi adalah suatu penyakit infeksi mikrobiologis yang mengakibatkan disolusi dari struktur mineral gigi. Adapun inisiator primer yang bertanggung jawab atas terjadinya karies gigi adalah Streptococcus mutans. Streptococcus mutans memiliki peran utama dalam etiologi karies gigi dikarenakan kemampuannya untuk melekat pada plak di permukaan gigi. Obat kumur merupakan suatu produk tambahan dalam praktik oral hygiene yang berperan sebagai antiseptik dan antiplak. Syzygium cumini memiliki potensi sebagai alternatif bahan herbal dalam formulasi obat kumur karena mengandung senyawa flavonoid, polifenol, tannin, dan triterpenoid yang dapat berfungsi sebagai antibakteri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan jumlah koloni Streptococcus mutans sebelum dan sesudah berkumur dengan obat kumur buah jamblang (Syzygium cumini). Penelitian ini bersifat eksperimental laboratoris dengan one group pretest-posttest design yaitu dengan melakukan penghitungan jumlah koloni Streptococcus mutans dalam saliva sebelum dan sesudah berkumur dengan obat kumur buah jamblang (Syzygium cumini). Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai p=0,753 (p>0,05). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara jumlah koloni Streptococcus mutans dalam saliva sebelum dan sesudah berkumur dengan obat kumur buah jamblang (Syzygium cumini).

Kata kunci : Buah Jamblang (Syzygium cumini), Karies, Formulasi Obat Kumur, Koloni Streptococcus mutans.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK