PENDAPAT GURU TENTANG FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT DALAM MENINGKATKAN NILAI UJIAN AKHIR NASIONAL (UAN) PADA SISWA SMA MUHAMADIYAH BANDA ACEH (SUATU PENELITIAN TERHADAP GURU SMA MUHAMMADIYAH KOTA BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENDAPAT GURU TENTANG FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT DALAM MENINGKATKAN NILAI UJIAN AKHIR NASIONAL (UAN) PADA SISWA SMA MUHAMADIYAH BANDA ACEH (SUATU PENELITIAN TERHADAP GURU SMA MUHAMMADIYAH KOTA BANDA ACEH)


Pengarang

Cut Felliyanum - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0061432910

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Setiap guru memiliki pendapat yang berbeda untuk meningkatkan nilai Ujian Akhir Nasional, yang daJam beberapa tahun terakhir ini terutama tahun ajaran
2004/2005, baik dari segi faktor-faktor yang menghambat cara meningkatkan dan upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat dan upaya-upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa untuk mengikuti UAN pada tahun mendatang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di SMA Muhammadiyah Banda Aceh dari berbagai bidang studi, yaitu sebanyak 60 orang.Sedangkan sampel penelitian ini diambil secara purposive sampling, sebanyak 30 orang. Instrumen peneLitian yang digunakan adalah berupa angket (kuisoner) yang disebarkan kepada seluruh sampel penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian membuktikan bahwa faktor-faktor penghambat yang dominan dihadapi guru dalam upaya meningkatkan nilai UAN siswa adalah faktor internal atau psikologi siswa, di antaranya: faktor intelegensi, perhatian, bakat, motif, minat, kematangan, kesiapan dan biologis siswa. Sedangkan faktor eksternal berada pada posisi kedua, di antaranya: faktor kurikulum, materi/baban ajar, sarana dan prasarana, laboratorium, guru serta metode mengajar. Sedangkan upaya-upaya yang dilakukan guru adalah dengan merancang media pembelajaran yang menunjang seperti alat peraga dan fasilitas laboratorium, melaksanakan program remedial dan pengayaan, melatih keterampilan siswa dalam mengerjakan soal-soal secara cepat dan tepat dengan membiasakan siswa untuk mengerjakan latihan-latihan dan tugas-tugas yang berkaitan dengan materi yang telah diajarkan, baik di rumah maupun di sekolah.




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK