PERSEPSI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR GURU PRAKTEK FKIP UNSYIAH PADA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERSEPSI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR GURU PRAKTEK FKIP UNSYIAH PADA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH


Pengarang

Erninanda - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0261130014

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci: Persepsi Siswa, Kemampuan Mengajar, Guru Praktek, SMA Negeri
4 Banda Aceh.

Proses belajar mengajar di kelas yang terjadi antara guru dan siswa merupakan inti dari pendidikan sekolah. Seorang guru dituntut mempunyai kemajuan mengajar yang bermutu dan berkualitas. Kemampuan mengajar seorang guru meliputi kemampuan menyampaikan materi pelajaran, kemampuan menggunakan metode pembelajaran dan kemampuan mengevaluasi pelajaran. Adapun yang menjadi suatu masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah persepsi siswa terhadap kemampuan mengajar guru praktek FKIP Unsyiah.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap kemampuan guru praktek FKIP Unsyiah dalam menyampaikan materi pelajaran, untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap kemampuan guru praktek FKIP Unsyiah untuk menggunakan metode pembelajaran, untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap kemampuan guru praktek FKIP Unsyiah dalam menggunakan media pembelajaran dan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap kemampuan guru praktek FKIP Unsyiah dalam mengevaluasi pelajaran.
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh tahun ajaran 2006-2007 yang terdiri dari 9 kelas, jumlah seluruh populasi 225 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 orang atau 20% dari jumlah populasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara metode simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan observasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus skor rata-rata yang dibobot. I lasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap kemempuan mengajar guru praktek FKIP Unsyiah pada SMA Negeri 4 Banda Aceh sudah berlangsung dengan baik. Tanggapan ini dilihat dari hasil persepsi siswa terhadap 4 tahap, yaitu :(I) persepsi siswa terhadap tahap menyampaikan materi pelajaran sudah baik, (2) persepsi siswa terhadap tahap metode pembelajaran sudah baik. (3) persepsi siswa terhadap tahap penggunaan media pembelajaran sudah baik, (4) persepsi siswa terhadap tahap evaluasi pelajaran sudah baik.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK