//

PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DAN BAKAT SISWA PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmah Darniaty - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: peran guru, kreativitas dan bakat siswa Peran guru adalah usaha guru dalam mendidik, membina, membimbing serta mengarah.kan siswa kepada yang lebih baik dan sempurna. Dalam mengembangkan kreativitas dan bakat siswa dalam mata pelajaran keterampilan merupakan upaya yang harus dilakukan oleh guru dalam rangka mengembangkan pola berpikir bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan kreativitas dan bakat siswa dalam mata pelajaran keterampilan di SMP Negeri 7 Banda Aceh, serta hambatan-hambatan yang dialami guru dalam mengembangkan kreativitas dan bakat siswa dalam mata pelajaran keterampilan di SMP Negeri 7 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode skriptifkualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru keterampilan di SMP Negeri 7 Banda Aceh sebanyak 2 orang clan sebagai key Informan dengan mewawancarai Waka Kurikulum. Teknik pengumpu.lan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Berdasarkan basil penelitian, diketahui bahwa upaya yang dilakukan guru-guru keterampilan di SMP Negeri 7 Banda Aceh adalah dengan memberikan motivasi kepada siswa dalam bentuk komentar secara lisan maupun tertulis,guru juga berupaya mengarah.kan tujuan dan manfaat yang akan dipraktekkan. Untuk menambah motivasi siswa guru menggunakan media berupa benda asli agar merangsang kreativitas dan bakat serta minat siswa. Hambatan yang dialami besifat internal dan eksternal, yang bersifat internal adalah berupa kurangnya perhatian dan kejenuhan siswa, kurangnya respon yang baik serta tidak disiplin waktu dalam mengumpulkan tugas. Sedangkan hambatan eksternal adalah kurangnya minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran keterampilan dan faktor ekonomi siswa, kurangnya bahan praktek menjadi hambatan guru dalam mengembangkan kreativitas clan bakat siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN KETERAMPILAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR DI SMP NEGERI INDRAPURI ACEH BESAR (Harmaini, 2021)

PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN KETERAMPILAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Cut Nurlaila, 2021)

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V DENGAN TEKNIK MEMBATIK JUMPUTAN PADA PEMBELAJARAN SBDP DI SD NEGERI LAMBLANG ACEH BESAR (WINDA DAMAYANTI, 2020)

HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 3 TAKENGON (Hartina, 2019)

PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENGIKUTI FLS2N TINGKAT SEKOLAH DASAR PADA SD NEGERI 1 PAGAR AIR (IKHSAN KAMARA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy