ALISIS TINGKAT KESUKARAN SOAL UJIAN AKHIR NASIONAL (UAN) BIDANG STUDI EKONOMI (STUDI KASUS PADA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ALISIS TINGKAT KESUKARAN SOAL UJIAN AKHIR NASIONAL (UAN) BIDANG STUDI EKONOMI (STUDI KASUS PADA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH)


Pengarang

Maria Ulfa - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0261130033

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini berjudul "Analisis Tingkat Kesukaran Soal Ujian Akhir Nasional (UAN) Bidang Studi Ekonomi Tahun Pelajaran 2005-2006 (Suatu Penelitian di SMA Negeri 5 Banda Aceh)". Adapun rujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesukaran soal ujian Akhir Nasional bidang studi Ekonomi tahun pelajaran 2005-2006, untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang hambatan atau kendala yang dihadapi siswa selama proses belajar mengajar di sekolah, dan untuk membantu guru agar lebih mengupayakan peningkatan kelulusan siswa melalui persiapan menghadapi Ujian Akhir Nasional (UAN) di sekolah.Penelitian ini dilakukan pada SMA Negeri 5 Banda Aceh yang berlokasi di jalan Hamzah Fansuri No. 3 Kopelma Darussalam Syiah Kuala Banda Aceh Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas [I( jurusan IPS yang berjumlah 115 orang. Dalam hal ini penulis menetapkan sampel sebanyak 50% dari jumlah populasi yang ada yaitu 58 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random).Untuk menganalisis data penulis menggunakan rumus tingkat kesukaran soal Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat kesukaran soal UAN bidang studi Ekonomi tahun pelajaran 2005-2006 bagi siswa SMA Negeri 5 Banda Aceh secara umum tergolong sedang atau dengan persentase dari 38 butir soal yang dianalisis temyata 11 (28,9%) tergolong sukar, 18 (47,4%) tergolong sedang, dan 9(23,7%) tergolong mudah.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat kesukaran soal LAN bidang studi Ekonomi tahun pelajaran 2005-2006 pada SMA Negeri 5 Banda Aceh pada umumnya berada dalam kategori sedang. Untuk itu perlu adanya upaya guru dan juga didukung oleh siswa itu sendiri sebagai pihak yang mengikuti Ujian Akhir Nasional agar dapat meningkatkan hasil yang semakin baik lagi.




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK