//

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DISCOVERY DALAM MATERI SIMETRI LIPAT DAN SIMETRI PUTAR DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nuri Maulida - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
MATHEMATICS - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Hasil belajar, metode discovery, materi simetri lipat & simetri putar Pembelajaran matematika melalui penerapan metode discovery bermanfaat untuk mengaktifkan siswa, melatih siswa berlaku demokratis, melatih siswa untuk memiliki rasa tanggung jawab, membuat kelas menyenangkan dan memacu guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini berjudul “Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Pembelajaran Discovery dalam Materi Simetri Lipat dan Simetri Putar di Kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah hasil belejar siswa dapat mencapai ketuntasan pada materi simetri lipat dan simetri putar melalui metode discovery di kelas V SD Negeri Banda Aceh Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada materi simetri lipat dan simerti putar. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh sebanyak 68 orang siswa dan yang diambil sebagai sampel adalah siswa kelas Va yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan digolongkan sebagai penelitian eksperimen semu. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes. Data tes hasil belajar kemudian diolah menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data x ̅ = 76,10, Jika dipersentasekan maka taraf signifikannya yaitu α = 0,05, dk = 32 dan didapat t_hitung yaitu 1,98 dan t_tabel = 1,68. Karena t hitung > t table yaitu 1.98 > 1.68 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi hipotesis dalam penelitian ini yang menyatakan bahwa penerapan pembelajaran metode discovery pada materi simerti lipat dan simetri putar di kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan hasil balajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 14 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 (IIN ZIKRA MAULIDA, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Ida Nursanty, 2015)

MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (YENNY SAFRINA, 2017)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Heriyansyah Putra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy