//

MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN ( SUATU PENELITIAN PADA SMP NEGERI 3 BANDA ACEH )

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Adapun yang menjadi latarbelakang pemilihan masalah ini adalah kita ketahui bahwa mata pelajaran PPKn merupakan salah satu mata pelajaran yang di ajarkan mulai dari tingkat SD sampai sampai ketingkat SMA.Motivasi belajar siswa di sebagian sekolah relatif rendah, sehingga guru sebagai tenaga pendidik sering mengeluh karena tujuan pembelajaran yang di inginkan tidak tercapai.ini merupakan salah satu kenyataan yang di hadapi oleh para guru termasuk guru PPKn di SMP Negeri 3 Banda Aceh yang mungkin juga menghadapi masalah yang sama.Penulisan ini dilakukan pada SMP Negeri 3 banda Acch yang diajukan kepada siswa kelas II. Judul dari penelitian ini adalah motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PPKn dan juga untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan oleh guru dalam membangkitkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PPKn, untuk penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi lapangan dan angket. Setelah dikumpulkan lalu penulis memasukkan ke dalam rumus statistik sederhana yang dikemukan oleh Sudjana dan menganalisanya. Berdasakran hasil penelitian penulis dapat menarik kesimpulan bahwa, keinginan atau dorongan untuk belajar sering disebut dengan istilah motivasi belajar, motivasi juga merupakan pendorong bagi perbuatan belajar untuk memperoleh prestasi yang lebih baik. Seorang siswa akan belajar lebih efektif dalam upaya memperoleh prestasi belajarnya, tanpa adanya motivasi terhadap perbuatan belajar itu, maka aktivitas belajarnya tidak mengalami kemajuan. Oleh karena itu motivasi merupakan dasar belajar seseorang. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa SMP Negeri 3 banda Aceh terhadap mata pelajaran PPKn diantaranya minat dari siswa itu sendiri terhadap mata pelajaran PPKn. kondisi keluarga (ekonomi keluarga), lingkungan dimana siswa itu tinggal, sekolah, status orang tua, perhatian guru, keahlian guru pada saat mengajar serta fasilitas sekolah. Sedangkan usaha-usaha yang dilakukan guru PPKn SMP Negeri 3 Banda Aceh untuk membangkitkan motivasi balajar siswa adalah dengan cara memberikan penghargaan, pujian, penyadaran, hukuman, bimbingan, menciptakan suasana belajar yang nyaman, mengadakan persaingan antar siswa, mengajak anak untuk aktif dalam proses belajar mengajar, menerapkan metode yang sesuai dengan indikator pelajaran. Lebih mengutamakan pembelajaran yang menyenangkan melalui metode-metode game, dan menggunakan metode kontektual, serta guru setiap kali pertcmuan selalu mengadakan penilaian (evaluasi) pembelajaran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR (PENELITIAN DILAKUKAN PADA SMA NEGERI I KEMBANG TANJUNG) (Rosnida z, 2021)

PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (ZALEKHA, 2014)

EFEKTIFITAS PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (sardiah, 2014)

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS AKSELERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 3 BANDA ACEH (MILI ANDRIYANI, 2015)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (NUR AIDAWATI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy