//

KENDALA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVTTAS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN BANDA SAKTI )

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Indah Maidasari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci : kendala guru, kreativitas anak Guru merupakan faktor penting dalam mengembangkan kreativitas murid, namun dalam implementasinya berbagai faktor dapat menjadi kendala. Penelitian ini dimak:sudkan untuk mendeskripsik:an kendala yang dialami guru dalam mengembangk.an kreativitas anak di TK clan upaya mengatasinya. Populasi penelitian ini adalah guru-guru di tiga Taman Kanak-Kanak di wilayah Kecamatan Banda Sakti yang berjumJah 115 orang, dari j umlah populasi tersebut ditetapkan sampel l O orang guru. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan pengolahan data menggunakan analisis kualitatif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya faktor internal dan ekstemal yang menjadi kendala, faktor internal meliputi kesabaran guru, pengetahuannya, serta metode mengajar dan keterampilan yang dimiliki, sedangkan faktor eksternal seperti pengaturan ruang, fasilitas, dan faktor yang berasal dari diri anak (hiperaktif). Upaya yang dilakukan untuk mengatasi pada faktor internal yaitu (1) Menambah wawasan dengan membaca, (2) metode dan keterampilan mengajar, disesuaikan dengan kebutuhan anak didik dan mengikuti pelatihan, (3) berusaha melaksanakan tugas dengan professional agar melahirkan anak didik yang berlrualitas, (4) berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan sesama guru, (5) lebih mendekatkan diri kepada anak didik. Sedangkan kendala eksternal seperti (1) guru membuat sendiri media belajar untuk anak didik sesuai dengan materi yang akan disampaikan, (2) bekerja sama dengan sesarna guru dan kepala sekolah. Disarankan penelitian yang berbubungan dengan dengan kendala guru dalam mengembangkan kreativitas anak baik pada jenjang Taman Kanak-Kanak maupun pada jenjang yang lebib tinggi dapat dilanjutkan oleh peneliti lain sehlngga ditemukan hal-hal lain yang belum terungkap dalam penelitian ini.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK CINTA ANANDA KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (CUT RICHA RIZRIANA, 2019)

KENDALA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVTTAS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN BANDA SAKTI ) (Indah Maidasari, 2021)

PEMBELAJARAN SENTRA SENI MUSIK DRUM DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI (Dinda Rhesti Gandhis, 2016)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA SENTRA SENI TARI KREASI MEUKONDROE DI TK ANGKASA KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR (Armaya Pristia, 2019)

HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF, PARITAS DAN PENGETAHUAN IBU TERHADAP STATUS GIZI MURID TAMAN KANAK - KANAK FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN UNSYIAH KOTA BANDA ACEH (Aznil Fajri, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy