//

UPAYA GURU IPS EKONOMI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI 18 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Asmawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Asmawati, 2009. Upaya Guru IPS Ekonomi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada SMP Negeri 18 Banda Aceh, Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Dra. Cut Nurfadhillah, (2) Raibani, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: Upaya Guru, motivasi belajar. Guru merupakan faktor penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Berbagai upaya dapat dilakukan guna ketercapaiao tujuan pembelajaran.Penelitian dimaksudkan untuk mengetahui : tindakan yang dilakukan guru sebagai strategi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 18, ragam motivasi belajar dan prestasi belajar siswa SMP Negeri 18 pada bidang studi ekonomi, dan hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Populasi Penelitian ini adalah guru IPS bidang studi ekonomi yang mengajar di kelas VIII dan rx serta siswa kelas VIII dan IX yang dimaksud pada SMP Negeri 18. Karena jumlah guru yang mengajar bidang studi ekonomi hanya 2 orang, maka ke dua guru tersebut dijadikan sampel. Sedangkan untuk siswa, karena jumlah kelas ada 8 kelas yaitu kelas VIII 4 kelas dan kelas IX 4 kelas, maka yang diambil menjadi sample pada kelas VIII yaitu kelas VIII' berjumlah 30 siswa dan kelas IX yaitu kelas IX' berjumlah 29 siswa. Data tentang upaya dan hambatan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dikumpulkan melalui wawancara. Sedangkan untuk data tingkat motivasi belajar siswa digunakan angket berskala (4 skala).Kemudian data yang terkumpul akan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk membangkitkan motivasi siswa guru melakukan upaya-upaya yang komprehensif, yaitu : membuat SAP yang kemudian dituangkan ke dalam RPP secara baik dan benar,melakukan apersepsi sebagai pendeskripsian terhadap kesiapan siswa memasuki proses pembelajaran, menggunakan metode pembelajaran yang variatif seperti ceramah, diskusi, inkuiri, penugasan, dan keterampilan proses, menggunakan alat peraga sebagai alat bantu pembelajaran, memberikan penguatan kepada siswa yang berperilaku positif dan memberikan sanksi- sanksi kepada siswa yang berperilaku negatif, dan melakukan pengajaran remedial bagi siswa-siswa yang belum tuntas menguasai pokok bahasan yang diajarkan. Berkenaan dengaan tingkat motivasi belajar sebagian besar siswa memiliki motivasi yang tinggi dengan prestasi di atas standar kelulusan yaitu skor 65. Sedangkan hambatan yang berarti bagi guru bidang studi IPS Ekonomi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berkaitan dengan faktor rendahnya kepedulian sebagian orang tua/wali terhadap pendidikan siswa, lingkungan siswa khususnya teman bermain, dan kuran gnya dukungan sekolah untuk memfasilitasi guru dalam membuat alat bantu pembelajaran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA GURU DALAM MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ( SUATU STUDI DI SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM) (Leni Tinambunan, 2018)

USABA GURU DAIAM MEN.INGKATX.UI MOTIVASJ BLTLAAJARRN.SIBWADISDNEGERI69BANDAACEII (cut mutia warlis , 2015)

UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI LAMPEUNEURUT KABUPATEN ACEH BESAR (ELLIZA, 2018)

HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 3 TAKENGON (Hartina, 2019)

KREATIFITAS GURU MENGGUNAKAN METODE DAN MEDIA DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) MODEL MEULABOH 1 JOHAN PAHLAWAN MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT (NURHAYANI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy