//

PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI TERBADAP PRESTASI BELAJAR DI SMAN 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yeni Herayanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci : pendekatan, multiple intelligence, prestasi siswa, pembelajaran, peningkatan. Pendekatan Multiple Intelligence adalah pendekatan yang mengutamakan bakat dan minat siswa. Pendekatan Multiple Intelligence atau Kecerdasan Majemuk sangat baik sekali penerapannya dalam proses pembelajaran seni tari. Penelitian yang berjudul pendekatan multiple intelligence dalam pembelajaran seni tari terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar mengangkat masalah bagaimana pembelajaran seni tari dengan menggunakan pendekatan multiple intelligence terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Baitussalam. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar yang berjumlah 24 siswa. Cara pengambilan data yaitu basil keterampilan siswa dalam materi seni tari tradisional likok pulo, maupun data tentang situasi belajar pada saat tindakan diperoleh melalui observasi (pengamatan). Ukuran tindakan penelitian dikatakan berhasil jika siswa yang terampil pada materi seni tari likok pulo telah memperoleh nilai minimal 70 sekurang-kurangnya 85 %. Hasil analisis data, terjadi peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI IPA-I pada materi seni tari tradisional likok pulo. Berdasarkan K.KM yang menjadi acuan penelitian ini, pada siklus I siswa yang mendapat nilai minimal 70 adalah 13 orang atau 54,16 % sedangkan pada sik.lus Il terjadi peningkatan yaitu siswa yang mendapat nilai minimal 70 a.dalah 22 orang atau 91.67 % Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan pendekatan multiple intelligence pada materi seni tari likok pulo dapat meningkatkan prestasi belajar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM (Nurmalis, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI SENI TARI DAN SENI RUPA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Cut Putro, 2013)

PEMBELAJARAN SENI TARI PADA SISWA TUNA RUNGU DI SMPLB YPPC LABUI (Khairina, 2014)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS XI SMA NEGERI 13 BANDA ACEH (Ratna Dewi Asnita, 2021)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SPOTLIGHT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMAN 1 BAITUSSALAM (Runi Afrurida, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy