//

HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mardiana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul "Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh" ini mengangkat masalah apakah terdapat hubungan antara minat belajar terhadap mata pelajaran geografi dengan basil belajar dari mata pelajaran geografi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hubungan antara minat belajar terhadap mata pelajaran geografi dengan basil belajar geografi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 120 siswa dan jumlah sampel penelitian diambil sebesar 30%, yaitu 36 siswa. Penentuan sampel dilakukan secara random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kantitatif teknik pengumpulan data adalah mengunakan angket untuk variabel minat dan metode dokumentasi yang berupa rapot siswa untuk variabel prestasi belajar geografi. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Produt Moment, uji reabilitas mengunakan rumus Alpha Cronbach. Tehnik analisa data mengunakan teknik korelasi Poduct Moment dan Uji-t. Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar, berdasarkan pengujian signifikansi koefisien korelasi antara pasangan skor Minat Belajar dengan hasil Belajar diperoleh r,, = 0,599 dengan, ting 4,36 adalah signifikan. Artinya dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang positif antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar dengan koefisien determinas i rz, = (0,599) = 0,3590. Hal ini berarti sebesar 35,90 % variasi Hasil Belajar (Y) ditentukan oleh Minat Belajar (X), karena hasil penelitian menunjukkan hubungan positi.f dan signifikan maka dengan demikian keseluruhan uji hipotesis ini mendukung penelitian, maka semakin tinggi minat belajar geografi siswa akan semakin tinggi pula prestasi belajarnya. Kata Kunci : Minat belajar siswa, Hasil belajar siswa

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KINERJA GURU GEOGRAFI DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VIII DI SMPN 8 BANDA ACEH (Rahmati, 2021)

HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (MIRA ZAHARA, 2019)

HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN SIKAP SISWA TERHADAP PEKERJAAN RUMAH DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Idami Syarifuddin, 2017)

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKAMAKMUR ACEH BESAR (HERI ANDY, 2015)

HUBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MESJID RAYA (Ayu Safitri, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy