//

PERBANDINGAN PROPORSI ENTEROBACTERIACEAE DAN NON ENTEROBACTERIACEAE SERTA UJI SENSITIVITAS ANTIBIOTIK DARI SPESIMEN URIN INFEKSI SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurhalimah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan infeksi yang terjadi di sepanjang saluran kemih yang disebabkan oleh mikroorganisme. Infeksi saluran kemih terjadi ketika patogen masuk ke dalam saluran kemih dan berkembang biak. Patogen yang menginfeksi saluran kemih umumnya merupakan flora normal di usus besar dan mukosa vagina. Infeksi saluran kemih sebagian besar disebabkan oleh bakteri, baik Enterobacteriaceae maupun non Enterobacteriaceae. Penelitian ini bertujuan untuk menilai perbandingan Enterobacteriaceae dan non Enterobacteriaceae penyebab ISK, menilai rasio berdasarkan usia, jenis kelamin, ruang rawat serta melihat sensitivitas antibiotik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam diagnosis dan penatalaksanaan ISK. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan mengumpulkan data kultur urin. Hasil penelitian didapatkan bahwa 284 isolat memenuhi kriteria diagnosis ISK. Total Enterobacteriaceae penyebab ISK terdapat 178 isolat yang didominasi oleh Escherichia coli, sedangkan non Enterobacteriaceae terdapat 106 isolat yang terdiri atas 77 isolat Gram positif dan 29 isolat Gram negatif. Angka distribusi rasio ISK tertinggi terdapat pada kelompok lansia (56-65 tahun) yang mencapai 66,2% akibat infeksi Enterobacteriaceae dan 33,8% akibat infeksi non Enterobacteriaceae. Berdasarkan jenis kelamin ISK tertinggi terjadi pada perempuan yang mencapai 62,86% untuk infeksi Enterobacteriaceae dan 37,14% untuk infeksi non Enterobacteriaceae. ISK banyak terjadi pada pasien yang berada pada ruang rawat penyakit dalam yang mencapai 55,36% untuk infeksi Enterobacteriaceae dan 44,64% untuk infeksi non Enterobacteriaceae. Kata Kunci: Bakteri, Infeksi Saluran Kemih, Proporsi Enterobacteriaceae dan Non Enterobacteriaceae.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA DAN SENSITIVITAS KUMAN PENYEBAB INFEKSI SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2013 (Azzie Niazie, 2015)

ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIVITAS ANTIBIOTIK BAKTERI PENYEBAB INFEKSI NOSOKOMIAL SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (IDEBINA PASLIKO, 2013)

ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIVITAS ANTIBIOTIK BAKTERI PENYEBAB INFEKSI NOSOKOMIAL SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Idebina Pasliko, 2016)

POLA KUMAN DAN SENSITIVITAS ANTIBIOTIK PADA ANAK PENDERITA INFEKSI SALURAN KEMIH DI RUANG RAWAT INAP ANAK RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Annisa Sarindah, 2014)

POLA DAN KEPEKAAN BAKTERI TERHADAP ANTIBIOTIK PASIEN INFEKSI SALURAN KEMIH (ISK) DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2018 - 2019 (SANGAPNI KIRANA BERAMPU, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy