PERANAN TOKOH MASYARAKAT DALAM MEMBINA MORAL REMAJA ( SUATU PENELITIAN DI DESA MUTIARA KECAMATAN SILIH NARA,KABUPATEN ACEH TENGAH ) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERANAN TOKOH MASYARAKAT DALAM MEMBINA MORAL REMAJA ( SUATU PENELITIAN DI DESA MUTIARA KECAMATAN SILIH NARA,KABUPATEN ACEH TENGAH )


Pengarang

Zuraidah IB - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0506101010027

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci: Tokoh Masyarakat, Remaja

Penelitian yang berjudul "Peranan Tokoh Masyarakat Dalam Membina Moral Remaja di desa Mutiara Kecamatan Silih Nara Kabupaten aceh Tengah". Yang meliputi peranan tokoh masyarakat dalam menanggulangi kemerosotan moral remaja di desa Mutiara Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah, Faktor-faktor yang menpengaruhi kemerosotan moral remaja dan hambatan-hambatan tokoh masyarakat dalam pembinaan moral remaja. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah Ingin mendiskripsikan apakah tokoh masyarakat berperan dalam menanggulangi kemerosotan moral remaja di desa Mutiara Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah, ingin mendiskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kemerosotan moral remaja di desa Mutiara Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah serta untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang hambatan-hambatan yang dihadapi tokoh masyarakat dalam pembinaan moral remaja di desa Mutiara Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah. Pada penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif, sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 10 orang tokoh masyarakat yang ada di desa Mutiara Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Kemudian data diolah dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa peranan tokoh masyarakat dalam membina moral remaja mencakup pembentukan kajian remaja masjid, mengikut sertakan remaja dalam kegiatan sosial, melakukan kerjasama dengan pihak terkait lainnya. Faktor-faktor penyebab terjadinya kemerosotan moral remaja adalah faktor dalam diri remaja (interen), faktor keluarga, faktor teman (pergaulan), faktor media dan faktor lingkungan masyarakat. Hambatan -hambatan yang ditemui tokoh masyarakat dalam membina moral remaja yaitu kurangnya perhatian dan partisipasi orang tua, kurangnya perhatian masyarakat, dan kurangnya perhatian pemerintah.









Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK