//

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI3 BANDA ACEH MENDESKRIPSIKAN PERILAKU TOKOH MELALUI DIALOG NASKAH DRAMA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ferra Sri Rezeki - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul "Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh Mendeskripsikan Perilaku Tokoh Melalui Dialog Naskah Drama".Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh menentukan tokoh, menentukan peran tokoh, mendeskripsikan perilaku tokoh, dan menentukan tahapan alur pada naskah drama. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh menemukan tokoh, menentukan peran tokoh, mendeskripsikan periJaku tokoh, dan menentukan tahapan alur pada naskah drama. Populasi peoelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Ncgcri 3 Banda Acch. Sampcl pcnclitian ini adalah siswa kelas VIII-9 yang berjumlah 28 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif.Teknik pengurnpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Tes yang digunakan adalah dengan memberi soal essay yang telah dibaca pada naskah drama "Ayahku Bukan Lagi Milikku". Teknik pengolahan data dilakukan dengan pengklasifikasian data, memberi kode, dan tabulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif. Berhubungan dengan meoentukan tokoh siswa telah mampu mengenali tokoh-tokoh dari naskah drama, menentukan peran tokoh siswa masih sulit menentukan tokoh protagonis, antagonis, dan tritagonis, berhubungan dengan pendeskripsian perilaku tokoh siswa juga masih kurang memahami karakter dan sifat dari setiap tokoh yang berdialog, dan berhubungan dengan tahapan alur siswa belum mengenal bagian-bagian dari tahapan alur. Analisis data dilakukan dengan cara mencari nilai rata-rata (mean) berdasarkan hasil jawaban siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh mendeskripsikan perilaku tokoh melalui dialog naskah drama adalah 65.Berdasarkan klasifikasi penilaian hal ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh berada pada kategori nilai cukup dan masih memerlukan peningkatan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DELIMA MENULIS NASKAH DRAMA BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI (Absah, 2013)

ANALISIS KARAKTER TOKOH DALAM NASKAH DRAMA KARYA SULAIMAN JUNED DALAM BUKU MENJILAT BULAN (JULIKA LISSA ILHAMIDA, 2019)

KEMAMPUAN SISWA KELAS XI SMAN 1 SIGLI MENGIDENTIFIKASI ALUR, TOKOH, DAN KONFLIK DALAM DRAMA YANG DIBACA (DHEA ULVANI, 2019)

ANALISIS PERWATAKAN PADA NASKAH DRAMA SEULANGA KARYA ALIMUDDIN (Maria Ulfa, 2017)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH MENGINDENTIFIKASI HAL-HAL MENGESANKAN DARI TOKOH DALAM TEKS BIOGRAFI (SYAMSIDAR, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy