PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN KETERAMPILAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN KETERAMPILAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH


Pengarang

Cut Nurlaila - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0361410006

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Skripsi ini dengan judul "Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Keterampilan dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 3
Banda Aceh". Persepsi merupakan kemampuan membedakan , mengelompokkan, memfokuskan perhatian terhadap satu objek rangsang. Dalam mata pelajaran keterampilan siswa berinteraksi sehingga diperoleh pengalaman konseptual, pengalaman apresiasi dan pengalaman kreatif. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran keterampilan, guru harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa tersebut sehingga tercapainya tujuan pendidikan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran keterampilan.
Untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh persepsi terhadap prestasi belajar siswa, maka dilakukan penyebaran angket untuk menilai persepsi dan melakukan tes untuk mengukur prestasi belajar pada mata pelajaran keterampilan. Sedangkan teknik yang digunakan purposive sampel, siswa yang terpilih yaitu siswa kelas II, yang berjumlah 40 orang dengan menggunakan metode kuantitatif.
Hasil analisis diperoleh thitung = 2,97, sedangkan ttabel = 1, 68. Adapun kriteria pengujian hipotesis yang digunakan adalah: "terima Ha jika thitung>ttabel dan tolak Ha
jika thitungttabel (2,97 > 1,68) pada taraf signifikan 5% dengan db=38. Dengan demikian Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran keterampilan di SMP Negeri 3 Banda Aceh.







Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK