//

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MELALUI KARYA MOZAIK DARI BAHAN BEKAS DI KELAS IV SD NEGERI 54 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rina Ajirna - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ajirna, Rina. 2021. Kemampuan Peserta Didik Dalam Mengembangkan Kreativitas Melalui Karya Mozaik Dari Bahan Bekas di Kelas IV SD Negeri 54 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing (1) Dra. Rosma Elly, M.Pd. (2) Dra. Alfiati Syafrina, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan peserta didik, Mozaik Setiap peserta didik memiliki pemahaman yang berbeda – beda berdasarkan kemampuannya. Mozaik merupakan pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan material atau bahan dari kepingan- kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotong- potong atau sudah berbentuk potongan kemudian disusun dengan ditempelkan pada bidang datar dengan cara di lem. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kemampuan peserta didik dalam mengembangkan kreativitas melalui karya mozaik dari bahan bekas di Kelas IV SD Negeri 54 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam mengembangkan kreativitas melalui karya mozaik dari bahan bekas di kelas IV SD Negeri 54 Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas IVA yang berjumlah 1 orang dan seluruh peserta didik kelas IVA SD Negeri 54 Banda Aceh yang berjumlah 30 Orang yakni 15 laki- laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Seluruh data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi di olah dengan tahap analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti di SD Negeri 54 Banda Aceh, menunjukkan bahwa 8 peserta didik mendapatkan nilai sangat baik dalam mengembangkan kreativitas melalui karya mozaik, 12 peserta didik mendapatkan nilai baik dalam mengembangkan kreativitas melalui karya mozaik, 5 peserta didik mendapatkan nilai cukup dalam mengembangkan kreativitas melalui karya mozaik dan 5 peserta didik mendapatkan nilai perlu bimbingan dalam mengembangkan kreativitas melalui karya mozaik. Secara keseluruhan nilai rata - rata yang diperoleh peserta didik kelas IVA adalah 80. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan peserta didik dalam mengembangkan kreativitas melalui karya mozaik dari bahan bekas di kelas IV SD Negeri 54 Banda Aceh sudah berkembang dengan baik.  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI KERAJINAN MOZAIK DI KELAS IV SD NEGERI GAROT ACEH BESAR (NINING SURLIANI, 2018)

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI KARYA KOLASE PADA PEMBELAJARAN SBDP DI KELAS IV SD NEGERI 56 BANDA ACEH (Ira Damayanti, 2021)

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI KARYA KOLASE DI KELAS IV SD NEGERI 3 KOTA BANDA ACEH (DELIA ELVIRA, 2019)

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MELALUI MENGGAMBAR BENTUK DI KELAS IV SD NEGERI 22 BANDA ACEH (WINDA LESTARI, 2020)

PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM MEMBUAT KARYA KOLASE DI KELAS IV SD NEGERI PANTE KAREUNG ACEH BESAR (FITRIA UTARI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy