HUBUNGAN PERILAKU SEKSUAL REMAJA DENGAN KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN SEKS (SUATU PENELITIAN PADA SISWA SMP NEGERI 1 BANDA ACEH ) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN PERILAKU SEKSUAL REMAJA DENGAN KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN SEKS (SUATU PENELITIAN PADA SISWA SMP NEGERI 1 BANDA ACEH )


Pengarang

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini membahas tentang perilaku seksual remaja dan kepedulian orang tua terhadap pendidikan seks pada siswa SMPN I Banda Aceh. Latar belakang perilaku seksual remaja dipengaruhi berbagai faktor, salab satu faktor yang juga sangat berpengaruh adalah kepedulian orang tua dalam memberikan pendidikan seks. Perilaku seksual remaja dikelompokkan kedalam 3 (tiga) kategori, yaitu wajar, tidak wajar dan sangat tidak wajar. Kepedulian orang tua terhadap pendidikan seks remaja dibagi kedalam 3 (tiga) kategori pula, yaitu penyadaran, peringatan dan pengikatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku seksual remaja dengan kepedulian orang tua terhadap pendidikan seks pada siswa SMPN 1 Banda Aceh, gambaran perilaku seksual remaja SMPN I Banda Aceh dan gambaran kepedulian orang tua terhadap pendidikan seks remaja SMPN I Banda Aceh. Pada penelitian ini metode dan pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 532 siswa dan sampel penelitian 30% dari populasi, berjumlah 160 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified random sampling. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian adalah questioner dan diperkuat dengan wawancara dan dokumentasi. Data tentang penelitian ini diolah dengan menggunakan metode analisis kuantitatif mempergunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan babwa sebahagian besar siswa SMPN I Banda Aceh melakukan perilaku seksual yang wajar, dengan persentase Sangat Sering (21,75%), Sering (25.375), Kadang- kadang (19.25%), Jarang (17.375%), Tidak Pernah (16.25%). Perilaku seksual yang wajar meliputi jalan/duduk sambil berbicara berdua, pegangan tangan, rekreasi bersama dan makan bersama Pada umumnya kepedulian orang tua terhadap pendidikan seks relatif tinggi baik dalam penyadaran, peringatan dan pengikatan. Pengikatan memiliki persentase yang relatif besar yaitu Sangat Sering (38.57%), Sering (31.96%), Kadang-kadang (15.18%), Jarang (8.66%) dan Tidak Pernah (5.63%). Dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara perilaku seksual remaja dengan kepedulian orang tua terhadap pendidikan seks.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK