//

PELAKSANAAN PENGAJARAN REMEDIAL OLEH GURU SMA NEGERI 1 BARONA JAYA ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Munir - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pengajaran remedial adalah suatu upaya bantuan yang diberikan oleh guru dalam menangani siswa yang mengalami kesulitan belajar guna untuk mencapai suatu situasi yang memungkinkan siswa mampu mengembangkan dirinya seoptimal mungkin sehingga memenuhi kriteria keberhasilan yang diharapkan. Guru bertanggung jawab untuk berupaya membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar. Keberhasilan siswa adalah harapan dari semua pihak. Namun pada kenyataannya masih terdapat siswa yang berprestasi rendah, tidak menguasai materi pelajaran dan tinggal kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengajaran remedial, metode pelaksanaan pengajaran remedial, kapan dilaksanakannya pengajaran remedial, bagaimana kerjasama petugas pelaksana pengajaran remedial dan untuk mengetahui hambatan-hambatn yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaan pengajaran remedial di SMA Negeri I Barona Jaya Aceh Besar.Populasi dalam penelitian ini semua guru yang melaksanaan pengajaran remedial di SMA Negeri 1 Barona Jaya Aceh Besar sebanyak 50 orang. Penelitian ini mcnggunakan metode deskriptif kulitatif, teknik pengumpulan data adalah angket dan pengolahan data dilakukan dengan teknik statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengajaran remedial yang dilaksanakan oleh guru SMA Negeri I Barona Jaya Aceh Besar sudah baik dan benar serta dilakukan secara sistematis sesuai dengan prosedur yang dianjurkan. Metode yang dipakai oleh guru dalam pelaksanaan pengajaran remedial adalah metode tanya jawab, metode pemberian tugas, metode pengajaran remedial secara individual dan metode tutor sebaya. Guru SMA Negeri I Barona Jaya Aceh Besar malaksanakan pengajaran remedial di luar wakta belajar utama. Sedangkan mengenai kerjasama dalam pelaksanaan pengajaran remedial hanya sebahagian kccil wali kelas, guru BK dan guru bidang studi lain yang berkerjasama dengan guru yang melaksanakan pengajaran remedial. Kemudian hambatan yang dijumpai oleh guru dalam pelaksanaan pengajaran remedial adalah kurang memadainya dana dan tidak adanya penataran yang berhubungan dengan penanganan kesulitan belajar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN REMEDIAL TEACHING DI SD NEGERI LAMREUNG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (NURLELA, 2016)

PELAKSANAAN PENGAJARAN REMEDIAL OLEH GURU BIDANG STUDI PADA SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH (Putri Balqis, 2018)

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR (Sri Rahayu Ningsih, 2016)

PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 29 BANDA ACEH (Sastriani, 2018)

PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN ACEH BESAR (Mawardi Slamat Harianto, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy