//

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nashrullah Mailisman - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nashrullah Mailisman (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Matematika kejuruan di sekolah menengah mencakup persiapan untuk melanjutkan pendidikan kejuruan tinggi atau pendukung keterampilan kerja mulai dari pekerjaan sederhana hingga pekerjaan yang lebih luas sebagai profesi. Harapannya, peserta didik memiliki pengetahuan matematika yang cukup untuk memecahkan masalah di tempat kerja. Infromasi terkait kemampuan pemecahan masalah untuk siswa sekolah umum sudah banyak, tetapi sangat terbatas informasi terkait dengan kemampuan pemecahan masalah untuk siswa SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa SMK Muhammadiyah Banda Aceh yang berjumlah 6 orang siswa yang komunikatif. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dikumpulkan dengan cara tes tertulis dan wawancara, untuk menguji kredibilitas peneliti melakukan triangulasi sumber dan waktu. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tahap-tahap analisis kualitatif, mengikuti konsep Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang di peroleh yaitu proses siswa menyelesaikan masalah belum sepenuhnya mengikuti langkah-langkah Polya. Siswa SMK kurang antusias terhadap pembelajaran matematika. Karakteristik gaya belajar mereka dengan metode praktek dan terfokus pada bidang keahlian sehingga siswa lebih memahami pembelajaran yang nyata yang membuat nilai tambah skill siswa SMK untuk menghadapi dunia kerja. Langkah - langkah polya pada tahap memahami masalah hanya sebatas mengetahui apa yang diketahui dan yang ditanya, membuat rencana penyelesaian tetapi keliru, melaksanakan rencana tetapi tidak mampu menyelesaikannya dan mereka tidak memeriksa proses penyelesaian. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Masalah Matematika

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL POLYA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (ANGGUN SUCI SYAFITRI, 2015)

ANALISIS KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DALAM MENYELESAIKAN MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (fajriah, 2016)

INTUISI SISWA SMK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN PERBEDAAN GENDER (Nazariah, 2017)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH IDEAL PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) (RIDHA YUNIARA, 2018)

PROSES BERPIKIR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (Muhammad Yani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy