PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH


Pengarang

Safrizal - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806101020040

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci: Pengaruh, Tipe Kooperatif Bamboo Dancing, Prestasi Belajar Siswa.

Penelitian yang berjudul "Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo dancing terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimanakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa SMP 4 Banda Aceh, tujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo dancing pada mata pelajaran IPS, dan bagaimana perbandingan hasil belajar siswa mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo dancing dengan menggunakan metode konvensional di SMP 4
Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh pada tahun ajaran 2012-2013.Yang menjadi sampel adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperim en dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes. Tes yang dilakukan hanya tes akhir (post-test), yang digunakan untuk mengetahui aspek kemampuan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi Product Moment dan data tersebut di olah dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi siswa pada kelas eksperimen lebih meningkat dari pada kelas kontrol. Pada kelas VIII-I (eksperimen) siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 83,33 persen dan kelas VIII-2 (kelas kontrol) siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 40 persen.
Perhitungan korelasi (r) untuk mencari pengaruh antara variabel X dan Y diperoleh hasil sebesar 0,96 hal tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan yang erat antara variabel X (nilai hasil siswa belajar kooperatif tipe Bamboo dancing) dan variabel Y (nilai prestasi belajar konvensional).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK