//

PENGARUH PENGGUNAN PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP KLASIFKASI TUMBUHAN (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Intan Haddat - Personal Name

Abstrak/Catatan

Banyak strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar biologi di sekolah. Salah satunya adalah strategi pembelajaran dengan menggunakan peta konsep. Sehubungan dengan itu perlu diadakan suatu penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan peta konsep terhadap prestasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan peta konsep terhadap prestasi belajar siswa pada konsep klasifikasi tumbuhan di SMPN I8 Banda Aceh, selain itu juga mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada konsep klasiftkasi tumbuhan baik siswa yang diajarkan dengan menggunakan peta konsep maupun siswa yang tidak dengan menggunakan peta konsep. Populasi dan penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SMPN I8 Banda Aceh yang terdiri dari tiga kelas, dan terpilih secara random kelas I sebagai kelas eksperimen dan kelas l sebagai kelas kontrol. Berdasarkan faktor homogenitas yaitu tingkat kecerdasan, umur dan jenis kelamin terpilih 20 siswa sampel dari kelas eksperimen dan 20 siswa dari kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Untuk uji hipotesis digunakan rumus uji-t.Dari hasil uji hipotesis pada taraf signifikan a=0,05 diperoleh harga ting = 3,33 dan t%sa = 1,70 berarti harga tone t%a maka hipotesis Ha diterima yaitu terdapat pengaruh positif penggunaan pea konsep terhadap prestasi belajar siswa di SMFN I8 Banda Aceh dalam mempelajari konsep klasifikasi tumbuhan. Pada hasil belajar siswa pada kelas eksperimem telah mencapai ketuntasan sedangkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol belum mencapai ketuntasan sehingga perlu dilakukan remedial bagi siswa yang belum tuntas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAN PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP KLASIFKASI TUMBUHAN (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH) (Intan Haddat, 2021)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 15 BANDA ACEH (Reraliza Ulika Aulia, 2015)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENDA PADAT, CAIR DAN GAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 33 PEUNITI BANDA ACEH (LISA KAMISLINA, 2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN TIDAK MENGGUNAKAN PETA KONSEP PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN DI KELAS IV SDN LEUPUNG 26 ACEH BESAR (Siti Furqan, 2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN METODE CERAMAH PADA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (maulidar, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy