PENGARUH PENGGUNAN PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP KLASIFKASI TUMBUHAN (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH PENGGUNAN PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP KLASIFKASI TUMBUHAN (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH)


Pengarang

Intan Haddat - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0161310019

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Banyak strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar biologi di sekolah. Salah satunya adalah strategi pembelajaran dengan menggunakan peta konsep. Sehubungan dengan itu perlu diadakan suatu penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan peta konsep terhadap prestasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan peta konsep terhadap prestasi belajar siswa pada konsep klasifikasi tumbuhan di SMPN I8 Banda Aceh, selain itu juga mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada konsep klasiftkasi tumbuhan baik siswa yang diajarkan dengan menggunakan peta konsep maupun siswa yang tidak dengan menggunakan peta konsep. Populasi dan penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SMPN I8 Banda Aceh yang terdiri dari tiga kelas, dan terpilih secara random kelas I sebagai kelas eksperimen dan kelas l sebagai kelas kontrol. Berdasarkan faktor homogenitas yaitu tingkat kecerdasan, umur dan jenis kelamin terpilih 20 siswa sampel dari kelas eksperimen dan 20 siswa dari kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Untuk uji hipotesis digunakan rumus uji-t.Dari hasil uji hipotesis pada taraf signifikan a=0,05 diperoleh harga ting = 3,33 dan t%sa = 1,70 berarti harga tone t%a maka hipotesis Ha diterima yaitu terdapat pengaruh positif penggunaan pea konsep terhadap prestasi belajar siswa di SMFN I8 Banda Aceh dalam mempelajari konsep klasifikasi tumbuhan. Pada hasil belajar siswa pada kelas eksperimem telah mencapai ketuntasan sedangkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol belum mencapai ketuntasan sehingga perlu dilakukan remedial bagi siswa yang belum tuntas.








Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK