Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PENERAPAN PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 MATANGKULI
Pengarang
Murniati - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0606103040061
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kata kunci : pembelajaran kooperatif, pendekatan SETS, pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Telah dilakukan penelitian dengan judul "Penerapan Pendekatan Science, Environment,Technology and Society (SETS) Pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Untu.k Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN I Matangkuli". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas dan respon siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 1 Matangkul i yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah siswa 245 orang pada tahun ajaran 2010/2011. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara sampel bertujuan (purposive sample). Berdasarkan tujuan penelitian, maka guru merekomendasikan kelas VII-1 yang berjumlah 35 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas siswa, soaJ tes dan angket. Berdasarkan data hasil observasi menunjukkan bahwa nilai aktivitas siswa dari pertemuan pertama sampai pertemuan kedua mengalarni peningkatan dari 86,45% menjadi 92,02%. Berdasarkan basil penelitian, hasil belajar dengan menggunakan pendekatan SETS melebihi nilai KKM yang ditentukan dan mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu I 00%. Sedangkan dari hasil angket menunjukkan bahwa 95,92% siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan pendekatan SETS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan SETS pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan kelas VII-I SMPN 1 Matangkuli dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS XI SMAN INGIN JAYA PADA MATERI KOLOID TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Salmida, 2017)
PENGARUH MODEL SCIENCE, TECHNOLOGY, SOCIETY, ENVIRONMENT BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILANBERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS , DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS JEUMALA ‘AMAL (Novi Marliani, 2017)
PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI PADA MATERI BIOTEKNOLOGI SISWA MAS DARUL IHSAN ACEH BESAR (Eliyanti, 2019)
PENERAPAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA PADA MATERI ASAM BASA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Yulia Rahma, 2014)
PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) PADA MATERI ZAT ADITIF PADA MAKANAN DI KELAS VIII SMPN 15 BANDA ACEH (Fitri Selviani B. Menalu, 2018)