PENERAPAN PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 MATANGKULI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 MATANGKULI


Pengarang

Murniati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0606103040061

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci : pembelajaran kooperatif, pendekatan SETS, pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Telah dilakukan penelitian dengan judul "Penerapan Pendekatan Science, Environment,Technology and Society (SETS) Pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Untu.k Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN I Matangkuli". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas dan respon siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 1 Matangkul i yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah siswa 245 orang pada tahun ajaran 2010/2011. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara sampel bertujuan (purposive sample). Berdasarkan tujuan penelitian, maka guru merekomendasikan kelas VII-1 yang berjumlah 35 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas siswa, soaJ tes dan angket. Berdasarkan data hasil observasi menunjukkan bahwa nilai aktivitas siswa dari pertemuan pertama sampai pertemuan kedua mengalarni peningkatan dari 86,45% menjadi 92,02%. Berdasarkan basil penelitian, hasil belajar dengan menggunakan pendekatan SETS melebihi nilai KKM yang ditentukan dan mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu I 00%. Sedangkan dari hasil angket menunjukkan bahwa 95,92% siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan pendekatan SETS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan SETS pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan kelas VII-I SMPN 1 Matangkuli dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK