TINGKAT KEPUASAN PASIEN JKA DAN ASKES YANG MENJALANI OPERASI DI BADAN PELAYANAN UMUM RSUDZA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

TINGKAT KEPUASAN PASIEN JKA DAN ASKES YANG MENJALANI OPERASI DI BADAN PELAYANAN UMUM RSUDZA BANDA ACEH


Pengarang

Fera Andriani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0907101010133

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pelayanan kesehatan merupakan suatu produk yang rnemberikan jasa kepada pasien. Keluhan-keluhan mengenai ketidakpuasaan pelayanan pasien dirumah sakit sudah sering terjadi. Program jaminan keschatan aceh (JKA) dan asuransi kesehatan (Askes) merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan di aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) clan Asuransi Kesehatan (Askes) pasca operasi di Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh. Pengambilan sampel yang dilakukan secara Quota sampling, penelitian ini terdiri dari 60 responden yaitu 30 pasien JKA dao 30 pasien Askes yang menjalani operasi di Badan Pelayanan Umum RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada sampel penelitian. Alat ukur menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang diatur sesuai dengan Kepmenpan No: KEP/25/M.PAN/2/2004 digunakan dalam penelitian ini.Hasil penelitian menunjuk.kan bahwa (1) Tingkat kepuasan pasien JKA yang rnenjalani operasi di Badan Pelayanan Umum RSUD Zainoel Abidin adalah 60% yang dikatakan puas dan 40% dikatakan tidak puas(2) dari hasil nilai IKM bahwasanya bernilai 2,69 sehingga mutu pelayanan yang diberikan adalah baik (3) jadi dapat disimpulkan dari 60 reponden, 60% memberikan nilai puas sedangkan 40% lagi memberikan nilai tidak puas,untuk itu kinerja pelayanan dan mutu pelayanan yang diberikan kepada pasien dikategorikan baik.

Kata Kunci: kepuasan, indeks kepuasan masyarakat, jka, askes


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK