//

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN KESIAPAN MENGHADAPI MENARCHE PADA SISWI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 22 BANDA ACEH TAHUN 2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ns. Faza Fauziana, S.Kep - Personal Name
SubjectMENARCHE - HUMAN PHYSIOLOGY
MEN - HEALTH
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI 21 Juni 2013 XV Halaman + VI Bab + 70 Halaman + 12 Tabel + 1 Skema + 15 Lampiran FAZA FAUZIANA 1107101190044 HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN KESIAPAN MENGHADAPI MENARCHE PADA SISWI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 22 BANDA ACEH TAHUN 2013 ABSTRAK Anak usia sekolah seharusnya mempunyai pengetahuan tentang menstruasi, sehingga mereka siap untuk menghadapi menarche. Pengetahuan tentang menstruasi ini hendaknya didapat dari orang tua maupun sekolahnya. Kenyataannya, pengetahuan siswi tentang menstruasi masih dapat dikatakan rendah karena mereka tidak mendapat informasi baik dari orang tua maupun sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan kesiapan menghadapi menarche pada siswi di Sekolah Dasar Negeri 22 Banda Aceh tahun 2013. Desain penelitian menggunakan deskriptif korelasi dan menggunakan teknik pengambilan sampel total sampling. Jumlah responden 84 orang, alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dengan teknik angket. Metode analisis data menggunakan uji chi-square. Waktu pengumpulan data 14-15 Juni 2013. Hasil analisa univariat didapat pengetahuan tentang menstruasi berada pada kategori rendah yaitu sebanyak 45 orang (53,6%), pengetahuan tentang pengertian menstruasi berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 58 orang (69%), pengetahuan tentang tanda dan gejala menstruasi berada pada kategori rendah yaitu sebanyak 44 orang (52,4%), pengetahuan tentang siklus menstruasi berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 60 orang (71,4%) dan pengetahuan tentang perawatan kebersihan diri saat menstruasi berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 58 orang (69%). Hasil analisis bivariat didapatkan ada hubungan antara pengetahuan tentang menstruasi dengan kesiapan menghadapi menarche. Diharapkan orang tua dan pihak sekolah dapat memfasilitasi anak untuk meningkatkan pengetahuan tentang menstruasi agar mereka siap menghadapi menstruasi pertama. Kata Kunci : Pengetahuan, Kesiapan, Menstruasi, Menarche. Daftar Bacaan : 22 Buku (2000-2010), 8 Situs Internet (2008-2013).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUASI DENGAN KESIAPAN MENGHADAPI MENARCHE DI MIN RUKOH BANDA ACEH RNTAHUN 2014 (MUTIA, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG REPRODUKSI DENGAN TINDAKAN DALAM MENGHADAPI MENARCHE PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Fanny Tri Dewi Arumita, 2015)

HUBUNGAN ANTARA KOMUNI KASI IBU-ANAK DENGAN KESIAPAN MENGHADAPI MENSTRUASI PERTAMA (MENARCHE) PADA SISWI SMP MUHAMMADIYAH BANDA ACED (Ayu Fajri, 2020)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN USIA DENGAN SIKAP MENGHADAPI MENARCHE DI SMPN 1 DARUSSALAM (MAGHFIRAH, 2017)

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN USIA MENARCHE PADA SISWI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KOTA BANDA ACEH TAHUN 2014 (mirazi asyraf, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy