ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INFLASI DI PROVINSI ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INFLASI DI PROVINSI ACEH


Pengarang

FERAYANTI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200010003

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Magister Sains., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

332.41

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INFLASI
DI PROVINSI ACEH

Oleh : Ferayanti
NIM : 1109200010003

Pembimbing :
1. Prof. Dr. Raja Masbar, M.Sc
2. Dr. Sofyan Syahnur, M.Si


ABSTRAK

Inflasi terkait erat dengan berbagai faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti nilai tukar Rupiah terhadap US$, pengeluaran pemerintah dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap inflasi di Provinsi Aceh selama periode kuartal I.2005 – IV.2013. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam bentuk seri waktu (time series) selama 36 kuartal (I.2005-IV.2013) dengan menggunakan peralatan analisis regresi linier berganda (multiple regression).
Hasil Penelitian menunjukkan Peningkatan nilai tukar Rupiah terhadap US$(KURS) dan peningkatan Produk Domestik regional Bruto (PDRB) secara positif dan signifikan mempengaruhi inflasi, sedangkan peningkatan pengeluaran pemerintah (GM) secara negatif dan signifikan menyebabkan inflasi menurun di Provinsi Aceh selama periode kuartal I.2005-IV.2013. Hasil Pengujian statistik menunjukkan nilai F hitung sebesar 13,353 lebih besar bila dibandingkan dengan nilai F tabel sebesar 2,90 dapat diartikan, secara simultan perkembangan nilai tukar Rupiah terhadap US$, perkembangan pengeluaran pemerintah dan perkembangan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) berpengaruh signifikan terhadap Inflasi di Provinsi Aceh yang diperlihatkan oleh F-Hitung > F-Tabel. Secara parsial, nilai tukar Rupiah terhadap US$ dan PDRB berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Inflasi. Sedangkan variabel pengeluaran pemerintah secara parsial tidak signifikan pengaruhnya terhadap Inflasi.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah nilai tukar Rupiah terhadap US$ dan PDRB berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Inflasi. Oleh karena itu pemerintah melalui kebijakan moneter diharapkan dapat menstabilkan nilai tukar Rupiah terhadap US$ dan melalui kebijakan fiskal dapat mengatasi kesenjangan pendistribusian pendapatan kepada masyarakat serta dapat menghindari pengeluaran pemerintah yang berlebih-lebihan sehingga inflasi dapat dihindari.

Kata Kunci : Inflasi, Nilai Tukar Rupiah Terhadap US$, Pengeluaran Pemerintah dan
Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK