PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACLLLNG AND LEARNING (CTL) DAN MODEL QUANTUM TEACHING KOMPETENSI DASAR FLORA DAN FAUNA KELAS VIIL SMP NEGERI 4 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACLLLNG AND LEARNING (CTL) DAN MODEL QUANTUM TEACHING KOMPETENSI DASAR FLORA DAN FAUNA KELAS VIIL SMP NEGERI 4 BANDA ACEH


Pengarang

Desi Vebriyanti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0706101040008

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pendekatan pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsep pembelajaran yang membantu guru untuk mengaitkan antara materi ajar dengan situasi dunia nyata siswa. Dalam pembelajaran Kontekstual siswa di tuntut lebih aktif sedangkan guru hanya sebagai pengarah, siswa sendiri mengkaji, mencari infonnasi dan menemukan sendiri apa yang dipelajarinya. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui perbandingan hasil Belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Leaming (CTL) dan Quantum Teaching kompetensi dasar flora dan fauna Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh.Yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen X yang berjumlah 29 orang dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen X yang berjumlah 29 orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan lembar tes belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah observasi dan tes. Teknik anaJisis data menggunakan statistik uji-t. Dari hasil analisis data diperoleh tie 4,18 dan taa = 1,67, hal ini berarti pada taraf signifikan 5 % t hitung
> ttabel.Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa hasil belajar siswa geografi pada siswa kelas VIII Negeri 4 Banda Aceh yang diajarkan dengan menggunakan model Contextual Teaching and Leaming (CTL) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Quantum Teaching.

Kata Kunci : Perbandingan, Hasil belajar, Model Contextual Teaching and
Leaming, Quantum teaching

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK