Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACLLLNG AND LEARNING (CTL) DAN MODEL QUANTUM TEACHING KOMPETENSI DASAR FLORA DAN FAUNA KELAS VIIL SMP NEGERI 4 BANDA ACEH
Pengarang
Desi Vebriyanti - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0706101040008
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Pendekatan pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsep pembelajaran yang membantu guru untuk mengaitkan antara materi ajar dengan situasi dunia nyata siswa. Dalam pembelajaran Kontekstual siswa di tuntut lebih aktif sedangkan guru hanya sebagai pengarah, siswa sendiri mengkaji, mencari infonnasi dan menemukan sendiri apa yang dipelajarinya. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui perbandingan hasil Belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Leaming (CTL) dan Quantum Teaching kompetensi dasar flora dan fauna Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh.Yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen X yang berjumlah 29 orang dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen X yang berjumlah 29 orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan lembar tes belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah observasi dan tes. Teknik anaJisis data menggunakan statistik uji-t. Dari hasil analisis data diperoleh tie 4,18 dan taa = 1,67, hal ini berarti pada taraf signifikan 5 % t hitung
> ttabel.Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa hasil belajar siswa geografi pada siswa kelas VIII Negeri 4 Banda Aceh yang diajarkan dengan menggunakan model Contextual Teaching and Leaming (CTL) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Quantum Teaching.
Kata Kunci : Perbandingan, Hasil belajar, Model Contextual Teaching and
Leaming, Quantum teaching
Tidak Tersedia Deskripsi
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)
PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OBSERVATION LEARNING DENGAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IS SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (NURMANSYAH PUTRA, 2020)
PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Rina Susanti, 2022)
PENCAPAIAN KETUNTASAN KLASIKAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Novita Uliati, 2018)