//

GAMBARAN EFEKTIFITAS TRIAGE TERHADAP PENILAIAN KONDISI PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UM UM DAE RAH DR. ZAIN OEL AB IDIN BANDA ACEH TAHUN 2008

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zaini Anwar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Triage adalah sistem untuk memilah pasien berdasarkan prioritas pada keadaan darurat . Efektifitas triage adalah pelaksanaan kegiatan triage yang memberikan pelayanan keperawatan yang bermanfaat bagi pasien berdasarkan informasi yang cepat dan tepat sesuai dengan tujuan standar keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran efektifitas triage terbadap penilaian kondisi pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceb, yang meliputi triage penilaian primer dan triage penilaian sekunder. Desain penelitian deskriptif. Metode pemilihan sampel yaitu dengan metode aksidental, dan diperoleh sampel 34 orang, alat pengumpulan data peneliti menggunakankuesioner yaitu; bagian A terdiri dari data demografi dan bagian B untuk mengukur efektifitas triage triage penilaian primer dan sekunder. Data dianalisis secara manual dengan menentukan katagori jenjang ordinal. Gambaran efektifitas triage penilaian primer terhadap penilaian kondisi pasien, katagori tertinggi berada pada katagori efektif (64, 71 %), efektifitas triage penilaian sekunder katagori tertinggi berada pada katagori efektif (67, 65 %) dan efektifitas triage katagori tertinggi berada pada katagori efektif (64, 71%). Berdasarkan penelitian ini dinarapkan kepada kepala ruang Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin banda Aceh aga dapat memotivasi perawat untuk meningkatkan pengetehuan dan ketcrampilan serta Menganjurkan kepada kepala ruang Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh agar dapat meningkatkan keterampilan (skill) yaitu dengan mengusulkan kepada bidang diklat Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, untuk mengadakan pelatihan triage atau gawat darurat. Kata kunci : Efektifitas, Triage, Perawat. Daftar Bacaan : 16buku (1996-2005) + 6 situs intemet.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT KECEMASAN PASIEN TRIAGE KUNING DAN HIJAU DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (INDIMEILIA, 2021)

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAYANAN KEPERAWATAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Mai Bony Dollah, 2015)

GAMBARAN PENDOKUMENTASIAN PROSES KEPERAWATAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (RAIHAN ASTUTI, 2021)

HUBUNGAN SUHU TUBUH DENGAN OUTCOME GCS PASIEN RN STROKE HEMORAGIK DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (RAHMAT ARDIANTO S HSB, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT PADA PERAWAT INSTALASI GAWAT DARURAT DI RUMAH SAKIT BANDA ACEH (Arie Adrian, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy