//

ANALISIS SPASIAL ZONASI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M ILHAM MAULANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Melalui sistem zonasi, semua sekolah disiapkan untuk memberikan layanan pendidikan yang bermutu secara merata sehingga “anak-anak terbaik” tidak perlu mencari “sekolah terbaik” yang berlokasi jauh dari tempat tinggalnya. Sistem zonasi di Kota Banda Aceh baru diberlakukan untuk SD dengan total 78 sekolah dan SMP dengan total 21 sekolah. Skor zonasi sekolah dibagi berdasarkan lokasi desa ke sekolah. Skor zonasi akan semakin besar jika desa domisili calon siswa semakin dekat dengan desa sekolah berada. Salah satu tujuan dari sistem zonasi yaitu menjamin adanya pemerataan akses dan mutu pendidikan yang berkeadilan pada setiap zona/wilayah yang ditetapkan mendekati tempat tinggal peserta didik. Oleh karena itu dilakukan analisis spasial dengan membandingkan zonasi berdasarkan batas desa dan zonasi berdasarkan jarak berjalan kaki selama 10 menit (750 meter), 15 menit (1.125 meter) dan 20 menit (1.500 meter) dari setiap sekolah untuk melihat zonasi mana yang lebih baik dalam hal pemerataan kesempatan memilih sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari total 21 SMP yang menerapkan sistem zonasi, hanya 10 SMP yang seluruh wilayah skor 20 berada dalam jarak radius 750 meter. Pada radius jarak 750 meter hingga 1.125 meter dan jarak 1.125 meter hingga 1.500 meter dari sekolah tidak ada satu SMP pun yang wilayah skor 10 dan 15 seluruhnya berada dalam radius ini. Sedangkan untuk wilayah yang mendapatkan skor 5, hanya 6 SMP yang seluruh wilayah skor 5 berada pada jarak lebih dari 1.500 meter dari sekolah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP SISTEM ZONASI PADA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SEKOLAH DASAR KOTA BANDA ACEH (RUKIAH, 2019)

ANALISIS SPASIAL ZONASI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI KOTA BANDA ACEH (M ILHAM MAULANA, 2021)

PENERAPAN METODE DRILL PADA MATERI STATISTIKA KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Linil Masthura, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI HIDROKARBON DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Camelia, 2019)

IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 67 PERCONTOHAN KOTA BANDA ACEH (IRFAN JULIANDY, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy