//

EFEK PERLAKUAN PRE DAN POST SHORT-TERM COOLING TERHADAP SUHU TUBUH DAN KONSENTRASI METABOLIT TESTOSTERON PADA SAPI ACEH DAN SAPI PERANAKAN ONGOLE JANTAN.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang BAYU PRATAMA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Metode short-term cooling adalah bentuk modifikasi lingkungan, seperti menyemprotkan air ke tubuh ternak untuk menurunkan suhu tubuh dan meningkatkan konsentrasi hormon testosteron. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh perlakuan short-term cooling terhadap penurunan suhu tubuh dan konsentrasi metabolit hormon testosteron pada sapi aceh dan peranakan ongole (PO). Penelitian ini menggunakan sapi aceh dan PO jantan berumur 4-5 tahun masing-masing sebanyak empat ekor. Sampel yang digunakan berupa feses segar yang dikoleksi sebanyak tiga kali, yaitu pada pre short-term cooling, post short-term cooling 3, dan post short-term cooling 6. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial berulang 3x2 (two ways repeated measures). Faktor I adalah perlakuan frekuensi short-term cooling (b0 = 0 kali; b3=3 kali, dan b6= 6 kali) sedangkan faktor II adalah jenis sapi (a1=sapi aceh, a2=sapi PO). Setiap perlakuan terdiri dari empat ulangan. Suhu tubuh sapi, suhu lingkungan, dan kelembapan diukur sebanyak tiga kali (pagi, siang dan sore hari). Pengukuran konsentrasi metabolit hormon testosteron dilakukan dengan metode enzyme-linked immunosorbent assay (ELISA). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji sidik ragam (a two-way repeated measures ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan short-term cooling berpengaruh secara signifikan (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN SUHU TUBUH DAN KONSENTRASI METABOLIT HORMON KORTISOL SAPI ACEH DAN SAPI PERANAKAN ONGOLE BETINA PADA PRE DAN POST SHORT-TERM COOLING (ARDILLA YUTAMI HIFZOH, 2020)

PERBEDAAN SUHU TUBUH DAN KONSENTRASI METABOLIT HORMON KORTISOL SAPI PERANAKAN ONGOLE DAN SAPI ACEH JANTAN PADA PERIODE PRE DAN POST SHORT-TERM COOLING (HAJUM RIYANTO, 2020)

DERAJAT INFESTASI PARASIT GASTROINTESTINAL PADA SAPI ACEH DAN SAPI PERANAKAN ONGOLE PRE DAN POST SHORT-TERM COOLING (SYAFINA SYAFAATUR RABBANI, 2020)

PENGARUH PEMBERIAN PROSTAGLANDIN F2α 1 DAN 2 JAM SEBELUM KOLEKSI SEMEN TERHADAP KONSENTRASI SAPI ACEH (Dwi Atmaja Nischaya, 2020)

PEMERIKSAAN FESES, KANTUNG EMPEDU, GAMBARAN MAKROSKOPIS HATI DAN KADAR HORMON REPRODUKSI PADA SAPI AKIBAT INFESTASI FASCIOLA GIGANTICA (HAFIZ MARWADI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy