//

GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU MASYARAKAT TENTANG PENCEGAHAN MALARIA DI KABUPATEN MANDAILING NATAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RISKA WAHYUNI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Malaria masih menjadi masalah kesehatan baik di negara maju maupun berkembang termasuk Indonesia yang memiliki kasus sebanyak 220.000 jiwa di tahun 2018 yang tersebar di berbagai provinsi termasuk Sumatera Utara. Salah satu kabupaten/kota di Sumatera Utara yang banyak menyumbang kasus positif malaria adalah Kabupaten Mandailing Natal yang mencapai 72 kasus di tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat tentang pencegahan malaria di Kabupaten Mandailing Natal. Metode penelitian berupa deskriptif observasional desain cross sectional dengan subjek 100 masyarakat Mandailing Natal. Pengambilan data menggunakan kuesioner berbentuk google form yang sudah divalidasi yang disebarkan melalui sosial media. Penelitian ini menggunakan analisis univariat dengan hasil sebanyak 86% responden memiliki pengetahuan yang baik, 56% memiliki sikap yang baik dan sebanyak 36% responden memiliki perilaku pencegahan yang kurang. Kesimpulan penelitian adalah masyarakat Kabupaten Mandailing Natal memiliki pengetahuan dan sikap yang baik dengan perilaku pencegahan malaria yang kurang. Berbagai upaya perlu dilakukan baik dari masyarakat, petugas kesehatan dan pemerintah dalam menerapkan perilaku pencegahan malaria secara terus menerus di Kabupaten Mandailing Natal. Kata kunci: malaria, kesehatan, deskriptif

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI TUBERKULOSIS (OAT)DI RSUD DR. HUSNI THAMRIN NATAL KABUPATEN MANDAILING NATAL (Rolan Ronaldo, 2018)

STUDI PENGETAHUAN DAN TINDAKAN MASYARAKAT TENTANG PENCEGAHAN MALARIA DI KECAMATAN SUKA MAKMUE KABUPATEN NAGAN RAYA (Fatisa Herlinda, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT DENGAN KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI BENCANA W ABAH PENYAKIT MALARIA DI KABUPATEN ACEH BESAR (SAIDY FAHRUL RADHI, 2016)

ANALISIS NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI UDANG REBUS DI KABUPATEN MANDAILING NATAL SUMATERA UTARA (STUDI KASUS PADA USAHA PENGOLAHAN UDANG REBUS DI KABUPATEN MANDAILING NATAL SUMATERA UTARA) (Muhammad Iqbal, 2018)

HUBUNGAN HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN COVID-19 PADA MAHASISWA KEDOKTERAN DI PROVINSI ACEH (MUHAMMAD DEZHA DETIRO, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy