//

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PASIEN TERHADAP PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT JALAN BADAN PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT UMUM DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2006

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Annas - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kepuasan pasien merupakan cerminan dari keberhasilan pelayanan Rumah Sakit. Kepuasan merupakan salah satu output pelayanan rumah sakit dan merupakan dimensi dari kualitas pelayanan. Berdasarkan data menunjukkan bahwa kepuasan pasien di Badan Pelayana Kesehatan Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh belum optimal dan persentase masyarakat yang mernanfaatkan pelayanan kesehatan di InstaLasi Rawat Jalan Badan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh cenderung mengalam penurunan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pasien terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan di Instalasi Rawat Jalann Badan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Pengumpulan data dilaksanakan tanggal 7 -12 Juni 2006, jenis penelitian deskriptif korelasi dengan menggunakan metode cross sectional study. Jumlah sampel 98 orang, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji chi square (x2) dengan @ = 0,05 dan df = 2 ( x2 tabel =5,591), sehingga diperoleh hasil x2 hitung untuk variabel pengetahuan 15,6480, untuk variabel persepsi 6,5867, untuk variabel dukungan keluarga 115770, untuk variabel pendapatan 3.9435, untuk variabel umur 7,4216, unruk variabel pendidikan 2,1540. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa terdapat ada hubungan yang bermakna antara faktor pengetahuan, persepsi. dukungan keluarga dan umur terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan sedangkan faktor pendapatan dan pendidikan tidak ada bubungan dengan pemanfaatan palayanan kesehatan di instalasi Rawat Jalan Badan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Dalam penelitian ini penulis menyarankan kepada para pengambil kebijakan khususnya kepala instalasi untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan dalam rangka memenuhi tuntutan masyarakat yang memanfaatkan pelayanan kesehatan. Kata Kuci: Pembinaan Staf Disiplin kerja. Daftar Bacaan : 31 buku (1984 -2006)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAYANAN KEPERAWATAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Mai Bony Dollah, 2015)

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK BEDAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Sri Mulia Fitri, 2015)

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN KOTA BANDA ACEH (Fara Fatika, 2017)

PERBANDINGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA DAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK TAHUN 2013 (Fauzan Safwandi, 2013)

HUBUNGAN KUALITAS INFORMED CONSENT TINDAKAN BEDAH DITINJAU DARI ETIKA DAN MEDIKOLEGAL DENGAN KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN. (PUTRA SAFANA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy