//

PERANCANGAN PRODUK AUXILIARY WALKER DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SULISTIA WAHYUNI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penurunan kemampuan fungsi kaki diakibatkan karena adanya proses penuaan. Penurunan kemampuan tersebut mengakibatkan lansia tidak dapat mengontrol keseimbangan tubuh saat melakukan aktivitas berjalan. Ketidakseimbangan tubuh dalam berjalan dapat diatasi dengan penggunaan auxiliary walker. Auxiliary walker merupakan alat bantu jalan berupa dukungan tambahan untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berjalan. Ada dua fungsi auxiliary walker yaitu menjaga keseimbangan dan membantu menopang beban. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan produk auxiliary walker berdasarkan Voice of Customer (VOC) yang disebut dengan customer need menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Penelitian dilakukan kepada 16 responden menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik lansia usia diatas 60 tahun menggunakan auxiliary walker. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan dua tahap, tahap pertama kuesioner identifikasi pasar dan tahap kedua kuesioner tingkat kepentingan dan kepuasan menggunakan skala likert. Hasil kuesioner tahap kedua akan dioleh menggunakan House of Quality (HOQ) untuk melihat tingkat prioritas berdasarkan customers needs. Hasil dari HOQ akan digunakan sebagai acuan pembuatan rancangan baru auxiliary walker dengan bantuan salah satu software CAD (Computer Aided Design) dalam bentuk 2D dan 3D yang digunakan dalam pembuatan produk yaitu Solidworks. Kata Kunci: Lansia, Auxiliary walker, customer needs, Quality Function Deployment (QFD) , House of Qyuality (HOQ), Solidworks.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN PROTOTYPE LEMARI MULTIFUNGSI MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT(QFD) (Azharul, 2016)

ANALISA PENGEMBANGAN DESAIN PRODUK DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (STUDI KASUS PADA SIKAT GIGI KHUSUS PENGGUNA KAWAT GIGI DI KOTA BANDA ACEH) (Farida, 2017)

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK RAMU PATCHOULI ESSENTIAL OIL DENGAN PENDEKATAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (STUDI KASUS: CV. KOETARADJA AROMATIC BANDA ACEH). (ALMAS AWANIS, 2019)

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA JASA RAWAT INAP NON VIP DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) PADA RUMAH SAKIT UMUM ZAINOEL ABIDIN (RSUZA) BANDA ACEH (khalida, 2015)

APLIKASI INTEGRASI METODE SERVQUAL, QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD), DAN KAIZEN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN OPERASIONAL (STUDI KASUS: PT. BANK CENTRAL ASIA, TBK – CABANG BANDA ACEH) (MUNIRA OVIYATAMA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy