//

GAMBARAN POLA HIDUP SEHAT PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH TAHUN 2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Kariyadi Pratama - Personal Name
SubjectHYPERTENSION-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Hipertensi telah lama dikenal sebagai silent killer, dimana rata-rata pasien tidak menyadari telah menderita hipertensi, dan mengunjungi rumah sakit dengan kondisi komplikasi. Penyakit hipertensi adalah penyakit lifelong condition dimana penyakit ini akan menetap pada penderita seumur hidup, tekanan darah penderita harus dipastikan tetap “normal”, karena peningkatan yang signifikan dapat meningkatkan resiko komplikasi (Smeltzer, Bare, Hinkle, and Cheever, 2010). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola hidup dari pasien hipertensi di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Meuraxa Banda Aceh, desain penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional study, dengan jumlah sampel sebanyak 58 orang responden, teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengolahan data metode statistik deskriptif. Hasil penelitian yang telah didapatkan menggambarkan bahwa pola hidup pasien yang berkunjung ke Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Meuraxa Banda Aceh sudah baik dengan persentase 55,2%, dengan persentase masing-masing dari faktor pola hidup yaitu pola makan dengan rata-rata hasil baik (74,1%), berat badan (50%), asupan garam dengan rata-rata hasil kurang baik (56,9%), konsumsi alkohol dengan hasil seluruhnya baik (100%), merokok dengan rata-rata hasil baik (67,2%) dan kebiasaan olahraga dengan hasil rata-rata kurang baik (60,3%). Dari persentase diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa secara keseluruhan pola hidup pasien hipertensi sudah baik, dengan beberapa faktor didalamnya yang masih kurang baik. Dari hasil tersebut, terdapat beberapa faktor yang masih kurang baik, maka rekomendasi utama agar pihak Rumah Sakit lebih memaksimalkan penyuluhan dan pembelajaran kepada pasien untuk dapat merubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI DIET RENDAH NATRIUM PADA PASIEN HIPERTENSIRNDI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2013 (RAISHA ISWATINA, 2014)

GAMBARAN PERIODONTITIS PADA PASIEN HIPERTENSI RINGAN DAN SEDANG DI POLI PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Meliza, 2014)

HUBUNGAN GAYA HIDUP DENGAN UPAYA PENCEGAHANRNTERJADINYA STROKE PADA PASIEN HIPERTENSI DIRNRUANG POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RUMAHRNSAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2012 (Dewi Zahara Sukma, 2014)

PROFIL PENDERITA RETINOPATI HIPERTENSI DI POLI PENYAKIT DALAM RSU ZAINAL ABIDIN BANDA ACEH (fazlia, 2014)

HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN MOTIVASI MENURUNKAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Asthi Keshia, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy