RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBAYARAN PARKIR BERBASIS MOBILE ANDROID DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBAYARAN PARKIR BERBASIS MOBILE ANDROID DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

USWATUN HASANAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1308107010030

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Informatika (S1) / PDDIKTI : 55201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK



Parkir adalah suatu keadaaan diam atau tidak bergerak dari kendaraan bermotor yang bersifat sementara. Proses pembayaran parkir di Kota Banda Aceh dilakukan secara manual dengan mengambil karcis dan membayar tarif parkir dengan uang tunai saat keluar dari area parkir ini masih memiliki beberapa masalah seperti kurangnya akuntabilitas dari dana retribusi parkir, adanya keberadaan juru parkir liar, serta tarif parkir di beberapa tempat tidak konsisten. Maka, diperlukan solusi yang dapat mengatasi permasalahan ini dengan mengembangkan sebuah sistem pembayaran parkir berbasis mobile yang memanfaatkan fitur NFC (Near Field Communication) dan QR Code scanner pada smartphone Android untuk membaca tarif parkir agar dapat melakukan proses pembayaran parkir. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan metode Agile pada proses pengembangannya dan pendekatan UCD (User-Centered Design) untuk mengembangkan desain tampilan antarmuka dan fitur-fitur yang sesuai kebutuhan pengguna. Pengujian aplikasi menggunakan metode Black-Box dan usability. Hasil pengujian dengan metode Black-Box bernilai sukses untuk semua fitur aplikasi yang menunjukkan adanya kesesuaian antara desain dengan implementasi sistem. Dari hasil pengujian usability, didapatkan nilai persentase sebesar 82.63% yang berada pada range 81-100% dengan kategori interpretasi skor “Sangat Layak”. Dengan demikian, semua fungsi pada aplikasi ini telah terintegrasi dengan baik dan sesuai kebutuhan setiap pengguna, layak, serta mudah digunakan oleh pengguna.

Kata Kunci: Pembayaran Parkir, Android, NFC, QR Code scanner, Agile-UCD, Black-Box, Usability

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK