//

KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nuzulia Rahmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Nuzulia Rahmi (2021). Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning dengan Strategi Scaffolding. Pembelajaran matematika di sekolah belum secara maksimal membangun kemampuan berpikir reflektif matematis siswa, akibatnya kemampuan tersebut belum seperti yang diharapkan. Perlu upaya memaksimalkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa melalui model pembelajaran yang tepat disertai bantuan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perkembangan kemampuan berpikir reflektif siswa melalui model Discovery Learning dengan strategi scaffolding, mengidentifikasi scaffolding yang diberikan guru untuk membangun kemampuan berpikir reflektif matematis siswa, dan mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran melalui model Discovery Learning dengan strategi scaffolding. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan jenis concurrent triangulation strategy. Perkembangan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa diidentifikasi melalui tes kemampuan berpikir reflektif matematis dan wawancara semi terstruktur. Scaffolding yang diberikan untuk membangun kemampuan berpikir reflektif matematis siswa diidentifikasi melalui catatan refleksi guru yang direlevansikan dengan video pembelajaran. Sedangkan sikap siswa terhadap pembelajaran diperoleh dari hasil angket sikap siswa. Penelitian ini melibatkan 25 siswa Kelas VIII di SMP Babul Maghfirah Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa bervariasi. Fase reacting dipenuhi oleh siswa kelompok tinggi sejak pertemuan pertama, sedangkan siswa kelompok sedang dan rendah berturut-turut dipenuhi sejak pertemuan kedua dan ketiga. Fase elaborating mampu dipenuhi oleh siswa kelompok tinggi dan sedang, yaitu masing-masing sejak pertemuan pertama dan pertemuan ketiga. Adapun fase terakhir contemplating hanya dipenuhi oleh siswa kelompok tinggi, sedangkan dua kelompok siswa lainnya belum memenuhi fase yang dimaksud. Hasil penelitian terkait pemberian scaffolding untuk membangun kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang disesuaikan dengan ketiga fase kemampuan tersebut diperoleh pada fase reacting dan fase elaborating diberikan scaffolding berupa reviewing, sedangkan pada fase ketiga contemplating diberikan scaffolding berupa developing conceptual thinking, restructuring, dan reviewing. Hasil penelitian terhadap sikap siswa melalui model Discovery Learning dengan strategi scaffolding yang diukur melalui tiga komponen yaitu kognisi, afeksi, dan behaviour menunjukkan hasil sikap yang positif. Penelitian ini memberi implikasi bahwa model Discovery Learning melalui strategi scaffolding dapat mengembangkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Kata kunci: Kemampuan berpikir reflektif matematis, Discovery Learning, Scaffolding, Sikap.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Hendra Susanto, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Zinatun Hayati, 2019)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERYLEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISILENGKUNG DI SMPN 6 BANDA ACEH (Rosa Sasmita, 2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING (Mirunnisa, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (Listika Burais, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy