ANALISIS POTENSI ZAKAT ATAS TABUNGAN DI PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS POTENSI ZAKAT ATAS TABUNGAN DI PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM


Pengarang

Lismawati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0011110426

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Potensi Zakat AtasTabungan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
Penulisan skripsi ini bersifat dekriptif kuantitatif dengan mengunakan data sekunder yang berasal dari Baitul Mal NAD, BPS, dan Statistik Keuangan Bank Indonesia serta data pendukung lainnya yang dipublikasikan oleh pemerintah atau swasta.
Untuk melihat Potensi Zakat Atas Tabungan di NAD dengan melihat potensi tabungan yang dapat dikenakan zakat 2,5 % dari jumlah tabungan yang terkumpul setelah dikurangi jasa yang diterima setahun.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB), suku bunga, dan zakat potensial mempegaruhi jumlah tabungan masyarakat yang dapat dikenakan zakat, dengan R-Squere yang didapat sebesar 0,858 atau 85,85 persen, sisanya sebesar 14,20 persen ditentukan oleh faktor diluar model. Adj R-Squere yang didapat sebesar 184.081 dan bila terjadi penambahan satu persen dari suku bunga maka akan meningkatkan tabungan masyarakat sebesar 26,10 persen.
Dari hasil regresi diperoleh tingkat hubungan antara PDRB. Suku bunga dengao oleh koefisiensi korelasi yaitu sebesar 0,926 atau berhubungan sebesar 92,60 persen, sedangkan zakat yang berpotensi untuk dikenakan zakat yaitu sebesar 82,144 juta. Hal ini menunjukkan hubungan antar variabel bebas dan variabel terikat adalah erat.






Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK