//

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB GIZI KURANG PADA ANAK BALITA DL DESA TIBANG KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nahda Djakfar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Gizi Kurang dan Balita Gizi kurang adalah disebabkan karena tubuh kekurangan satu atau beberapa zat gizi yang dibutuhkan balita, yaitu Kurang Kalori Protein, kekurangan vitamin A, kekurangan zat besi, dan kekurangan zat yodium. Tujuan penelitian ini yaitu untuk : (l) Mengetahui pola makan anak balita yang menderita gizi kurang dan gizi buruk; (2) Mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya gizi kurang dan gizi buruk pada balita; (3) Mengetahui upaya-upaya yang dilakukan ibu balita terhadap anak yang menderita gizi kurang dan gizi buruk. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian dilakukan dengan cara menganalisis data jawaban responden sesuai dengan prosedur penelitian kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa, sebahagian besar atau lima orang ibu balita kurang mengetahui gizi yang baik, sedangkan dua orang lainnya menyatakan mengetahui gizi yang baik untuk balita. Pola makan anak balita yang menderita gizi kurang dan gizi buruk di desa Tibang Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh, seluruh responden menyatakan menggunakan pola makan empat sehat yang terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, sayuran dan buah-buahan. Faktor-faktor penyebab terjadinya gizi kurang dan gizi buruk pada balita, lima orang responden menyatakan karena kurangnya pengetahuan tentang zat-zat gizi yang dibutuhkan anak balita. Di samping itu disebabkan karena penghasilan yang dimiliki oleh responden kurang dari satu juta rupiah per bulannya, sedangkan jumlah tanggungannya empat sampai lima orang. Upaya-upaya yang dilakukan ibu balita terhadap anak yang mengalami gizi kurang dan gizi buruk yaitu membawa anak balita ke Posyandu yang dinyatakan oleh tiga orang responden dan empat orang responden menjawab membawa ke Puskesmas. Selanjutnya responden tidak memberikan makanan yang bergizi dan tidak mengikuti penyuluhan mengenai informasi perkembangan gizi anak balita yang dinyatakan oleh enam orang responden dan satu orang responden memberikan makanan yang bergizi dan mengikuti penyuluhan mengenai informasi perkembangan gizi anak balita.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA MAKAN ANAK BALITA GIZI KURANG DI GAMPONG KOPELMA DAN GAMPONG IE MASEN KAYEE ADANG KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (ADILA AIMAN DAMAYANTI, 2019)

FAKTOR PENYEBAB GIZI BURUK PADA ANAK BALITA DI KECAMATAN BANDA SAKTI LHOKSEUMAWE (RAFDIAN PUTRI, 2016)

HUBUNGAN POLA ASUH IBU DENGAN STATUS GIZI ANAK BALITA DI DESA PERKEBUNAN SERUWAY KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG (FAZRINA, 2014)

PERBEDAAN PERKEMBANGAN BALITA LAKI-LAKI DENGAN BALITA PEREMPUAN DI DESA LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2013 (Hasni Rauzana, 2013)

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GIZI BURUK DAN GIZI KURANG PADA BALITA MENGGUNAKAN ANALISIS REGRESI SPASIAL (Selvi Mardalena, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy