//

GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHIRNPERILAKU KELUARGA DALAM MEMANFAATKAN PUSKESMAS JEULINGKE KECAMATAN RNSYIAH KUALA BANDA ACEH RNTAHUN 2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ns. Mauliza, S.Kep - Personal Name
SubjectHEALTH
HEALTH CARE FACILITIES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI 1 Juni 2013 xiv Halaman + VI BAB + 74 Halaman + 7 Tabel + 1 Skema + 15 Lampiran MAULIZA 0907101020039 GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KELUARGA DALAM MEMANFAATKAN PUSKESMAS JEULINGKE KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2013 ABSTRAK Berdasarkan data yang didapat dari Puskesmas Jeulingke terdapat pengunjung yang menurun dari tahun 2010 sampai 2012 yaitu 49,34%, 43,02%, 47,8%. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku keluarga dalam memanfaatkan Puskesmas Jeulingke meliputi faktor pengetahuan, persepsi, motivasi, sosial-ekonomi dan kebudayaan keluarga. Jenis penelitian bersifat descriptive dengan populasi 4755 KK dalam wilayah kerja Puskesmas Jeulingke dan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan menggunakan rumus Slovin didapatkan sampel 98 orang. Alat pengumpul data yaitu kuesioner dengan teknik wawancara terpimpin, waktu penelitian dilakukan 1-15 April 2013. Analisa data menggunakan analisa univariat dengan mencari nilai mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku keluarga dalam memanfaatkan Puskesmas Jeulingke Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh berada pada kategori “baik”, dimana faktor pengetahuan 59,2%, faktor persepsi 60,2%, faktor motivasi 63,3%, dan faktor kebudayaan 68,4%. Sementara itu faktor yang mempengaruhi perilaku keluarga dalam memanfaatkan Puskesmas Jeulingke Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh ditinjau dari faktor sosial-ekonomi berada pada kategori “tinggi” (52,2%). Diharapkan bagi puskesmas untuk dapat memberikan informasi-informasi mengenai program-program kesehatan puskesmas melalui penyuluhan, pendidikan kesehatan, promosi kesehatan maupun melalui media massa agar masyarakat dapat terus memanfaatkan puskesmas sebagai tempat pelayanan kesehatan. Kata Kunci : Perilaku, Puskesmas, Pengetahuan, Persepsi, Motivasi, Sosial-ekonomi, Kebudayaan Daftar Bacaan : 39 buku, 5 internet, 6 skripsi, 2 tesis, 1 jurnal (2000-2013)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEMAMPUAN IBU DALAM MERAWAT BAYI DENGAN MASALAH KESEHATAN BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKEMAS MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2012 (cut sari mufti, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT (RSGM) UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Nadya Tasya, 2016)

GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS KUTA BARO ACEH BESAR TAHUN 2013 (Anzaryani, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PERAWATAN KESEHATAN PADA KLIEN DEWASA TUBERKULOSIS PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Saifullah, 2018)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN PASIEN DALAM PERAWATAN KESEHATAN GIGI MULUT DI POLIKLINIK GIGI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK (RSIA) BANDA ACEH (FARRAHDILLA SARI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy