//

PERANAN PEMERINTAH GAMPONG UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN TANGAN-TANGAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mistahul Akmal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Partisipasi masyarakat sangat penting dalam pembangunan, karena masyarakatlah yang lebih tahu apa yang mereka butuhkan, sehingga pembangunan tersebut akan dapat berjalan lebih efektif dan efisien, dan dengan sendirinya masyarakat akan mempunyai rasa tanggung jawab. Peranan aparatur Gampong terutama Geuchik sebagai administrator pembangunan sangat diharapkan guna mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam pembangunan, menjelaskan faktor-faktor yang menghambat partisipasi masyarakat dalam pembangunan, serta menganalisis peranan Pemerintah Gampong dalam meodorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Kecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya. Data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan metode kualitatif diskriftif dengan pendekatan kajian pustaka dan penelitian lapangan, kajian pustaka untuk memperoleh data sekunder dari buku-buku, bahan bacaan, jurnal dan dokumen- dokumen yang berkaitan dengan penelitian, sedangkan penelitian lapangan untuk memperoleh data primer melalui wawancara dengan responden dan informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat di lima Gampong dalam Kecamatan Tangan-Tangan sudah relatif baik, hal ini dapat dilihat dari keikut sertaan masyarakat dalam pembangunan sudah memadai, baik pada saat perencanaan pembangunan, pengerjaan, bahkan sampai ke tahap pemeliharaan. Bentuk partisipasi yang diberikan oleh masyarakat dalam pembangunan seperti partisipasi dalam bentuk hibah tanah dan benda. partisipasi dalam bentuk pikiran atau ide, dan partisipasi dalam bentuk tenaga (goto-royong). Adapun faktor yang menghambat partisipasi masyarakat dalam pembangunan disebabkan karena faktor uang dan konflik sosial. Peranan pemerintah Gampong dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Kecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya bisa dilihat dari Fungsi Instruktif, Fungsi Konsultatif, Fungsi Partisipasi, dan Fungsi Delegasi.Kepada pemerintah Gampong agar turut aktif dalam pembangunan dengan masyarakat di lapangan dan lebih terbuka lagi dalam segala hal untuk kedepannya. Kepada masyarakat di lima Gampong da1am Kecamatan Tangan-Tangan agar lebih aktif lagi terlibat dalam pembangunan, karena pembangunan bukan hanya tanggung jawab pemerintah Gampong, tapi juga tanggung jawab semua lapisan masyarakat. Kata kunci: Pemerintah Gampong, Partisipasi Masyarakat, Pembangunan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANAN KOMUNIKASI KEUCHIK UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN GAMPONG (PENELITIAN PADA GAMPONG GEULANGGANG LABU KECAMATAN PEUSANGAN SELATAN KABUPATEN BIREUEN) (Fakhrurrazi, 2015)

PERSEPSI TOKOH MASYARAKAT TERHADAP PARTAI ACEH PASCA PEMILUKADA 2017 DI KECAMATAN TANGAN-TANGAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (YULIA BURHAN, 2019)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA SMP DAN MTS PADA KELAS X SMA NEGERI 1 TANGAN – TANGAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Zulkifli, 2015)

KONFLIK PERBATASAN DI KECAMATAN TANGAN-TANGAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (STUDI KASUS ANTARA GAMPONG PADANG BAK JEUMPA, GAMPONG GUNONG CUT, DAN PADANG HARAPAN) (FELI YULIDA, 2016)

PERANAN LEMBAGA MUKIM DALAM PEMBANGUNAN DI KECAMATAN WOYLA KABUPATEN ACEH BARAT PROVINSI ACEH (Faisal Helmi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy