//

PENGARUH PENERAPAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI METABOLISME

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nazar Muhammad - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
BIOLOGY
METABOLSM
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Magister Pendidikan Biologi
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh penerapan model concept attainment terhadap pemahaman konsep, keterampilan proses sains, dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi metabolisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model concept attainment terhadap peningkatan pemahaman konsep, keterampilan proses sains, dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi metabolisme. Penelitian ini dilakukan sejak bulan September sampai dengan November 2013. Metode yang digunakan adalah metode ekperimen dengan desain pretest postest control group design. Instrumen yang digunakan adalah Rencana Program pembelajaran (RPP), soal pemahaman konsep, soal keterampilan proses`sains, soal kemampuan berpikir kritis, pedoman observasi, dan angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Data peningkatan hasil belajar berupa gain ternormalisasi (N-Gain). Perbedaan rata-rata N-gain kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis dengan independent sample t-test. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa penerapan model concept attainment dapat meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan proses sains, dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi metabolisme. Kata kunci : Concept attainment, pemahaman konsep, keterampilan proses sains, kemampuan berpikir kritis, metabolisme

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL SCIENCE, TECHNOLOGY, SOCIETY, ENVIRONMENT BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILANBERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS , DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS JEUMALA ‘AMAL (Novi Marliani, 2017)

PENERAPAN MODEL PJBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS, BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN (NANDA YUSTINA, 2020)

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN DI MAN KABUPATEN BIREUEN (KHAIRUNNISAK, 2018)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DIPADU LKPD SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, KEMAMPUAN PEMETAAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR (Siti Zuhra, 2021)

PENERAPAN DIRECT INSTRUCTIONS BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN (Rosmalina, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy