//

ANALISIS PENGARUH DAN KONTRIBUSI BUMN TERHADAP APBN TAHUN 1994 - 2004

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmi Zuliyanda - Personal Name

Abstrak/Catatan

Keberadaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dewasa ini dapat menjadi salah satu sumber penerimaan negara bai berupa keuntungan/laba yang diperoleh dari pengoperasian maupun dari hasil penjualan atau privatisasi BUMN tersebut. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kontribusi yang diberikan BUMN terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dilihat dari laba dan privatisasi BUMN. Penelitian ini dilakukan di Indonesia khususnya selama periode 1994-2004 dengan menggunakan data sekunder yang diambil dari Badan Pusat Statistik Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan literatur-literatur lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan konsep-konsep teoritis dan secara kuantitatif dengan peralatan statistik menggunakan SPSS version. 12.00 dan menggunakan kontribusi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kontribusi laba BUMN dalam APBN paling tinggi terdapat pada tahun 2002 yaitu sebesar 3,577 persen. Kontribusi dari privatisasi perusahaan BUMN tertinggi terdapat pada tahun 1995 yaitu sebesar 8.385 persen, sedangkan pada tahun 2000 tidak ada kontribusi hasil privatisasi terhadap APBN. Diharapkan kepada pemerintah agar mengelola perusahaan BUMN tersebut sebaik mungkin supaya keuntungan yang diperoleh semakin meningkat, dimana merupakan salah satu sumber penerimaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), sehingga kontribusi laba BUMN terhadap APBN juga semakin meningkat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEBIJAKAN FISKAL DAN FLUKTUASI PENERIMAAN PEMERINTAH DALAM APBN ( SUATU KAJIAN DALAM TRANSISI DARI TAHUN 1998-2001) (DHAFRATUNNAFIS, 2020)

ANALISIS PENGARUH APBN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA (Ashabul Jamil, 2021)

KONTRIBUSI SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Irwan Novrizal, 2021)

ANALISIS PERBEDAAN RELEVANSI NILAI PREDIKTIF ARUS KAS DAN LABA PADA BADAN USAHA MILIK NEGARA (BUMN) DAN NON BUMN (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2011 (Mughni Nanda, 2013)

ANALISIS SUMBANGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI DALAM BELANJA DAERAH DI PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (fuadi, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy