//

KEANEKARAGAMAN DAN KELIMPAHAN FITOPLANKTON DI PERAIRAN EKOSISTEM MANGROVE DESA RANTAU PANJANG, KECATAMAN RANTAU SELAMAT, KABUPATEN ACEH TIMUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURAINA BALQIS - Personal Name

Abstrak/Catatan

Fitoplankton merupakan mikroorganisme yang mempunyai peranan penting di dalam suatu perairan. Kemampuan mereka untuk mensintesis sendiri bahan organiknya menjadikan mereka sebagai dasar dari sebagian besar rantai makanan di ekosistem perairan. Penelitan tentang keanekaragaman dan kelimpahan fitoplankton ini dil-akukan di Desa Rantau Panjang pada bulan Oktober 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks keanekaragaman, kelimpahan fitoplankton, indeks keseragaman, indeks dominansi serta kelangsungan hidup fitoplankton yang didukung oleh parameter fisika kimia yang ada di Rantau Panjang. Metode yang digunakan untuk menentukan stasiun dalam penelitian ini secara purposive sampling. Sampel diambil menggunakan plankton net yang diambil secara vertikal pada tiga titik stasiun yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis fitoplankton berasal dari lima kelas yaitu Bacillariophyceae, Cyanophyceae, Charophyceae, Coscinodiscosphyceae, Xanthophyceae dengan total delapan spesies fitoplankton. Kelimpahan fitoplankton berkisar antara 620-1180 ind/l dan termasuk dalam kategori rendah. Indeks keanekaragaman (H’) fitoplankton berada dalam tingkat jenis keanekaragaman sedang dengan H’ berkisar antara 1,76-2,08. Indeks keseragaman (E) berkisar antara 0,84-0,99 dengan keseragaman jenis tinggi. Indeks dominansi (C) berkisar antara 0,14-0,21 dengan kriteria tidak ada fitoplankton yang mendominansi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRUKTUR KOMUNITAS GASTROPODA DI EKOSISTEM MANGROVE DESA RANTAU PANJANG, KECAMATAN RANTAU SELAMAT, KABUPATEN ACEH TIMUR (SALMA PUTRI, 2021)

KEANEKARAGAMAN DAN KESAMAAN PLANKTON PADA EKOSISTEM MANGROVE PULO SAROK KECAMATAN SINGKIL, KABUPATEN ACEH SINGKIL (muhammad aidil, 2016)

STRUKTUR KOMUNITAS FITOPLANKTON YANG RNBERASOSIASI DENGAN EKOSISTEM MANGROVE DI RNPERAIRAN KUALA LANGSA KOTA LANGSA (MUHAMMAD IQBAL, 2015)

KELIMPAHAN DAN KEANEKARAGAMAN ZOOPLANKTON DI PERAIRAN EKOSISTEM MANGROVE GAMPONG TIBANG KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Nurasyidah, 2016)

STRUKTUR VEGETASI MANGROVE DI DESA RANTAU PANJANG, KECAMATAN RANTAU SELAMAT, KABUPATEN ACEH TIMUR (Debrur Bil Sugiyama, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy