t tabel. Berarti petani yang menerapkan pola tanam padi kedelai lebih menguntungkan dari pada petani yang menerapkan pola tanam padi - padi.Dianjurkan kepada petani untuk dapat meningkatkan pendapatan usahataninya dengan menerapkan pola tanam padi -kedelai dimana penerapan pola ini tidak memerlukan perluasan lahan. dan pengunaan tenaga kerjanya dalam keluarga sehingga petani tidak mengeluarkan biaya untuk pembayaran upah tenaga kerja. " /> //

PENGARUH POLA TANAM TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Faisal Akbar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Faisal Akbar dengan judul skripsi " Pengaruh Pola tanam terhadap Pendapatan Petani Padi di Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar " dengan pembimbing utama ibu Agustina Arida. S.P. M.Si, dan pembimbing kedua bapak Ir, Kadir Jailani Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pendapatan petani padi di Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar, dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pola tanam terhadap pendapatan usahatani padi. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah usahatani padi - kedelai dapat mcmberikan pendapatan yang layak kepada petani. Apakah faktor pola tanam berpengaruh terhadap pendapatan petani padi. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Simpang Tiga Kabupeten Aceh Besar yang terdiri dari 18 desa. Dengan objek penelitian ini adalah petani yang yang menerapkan pola tanam padi - padi dan petani yang menerapkan pola tanam padi - kedelai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampel random sampling dengan sampel sebanyak IO orang. Pendapatan rata - rata per hektar per tahun pada pola tanam padi -padi yaitu sebesar Rp. 5.663.320,-per Ha, Pendapatan rata - rata per hektar per tahun pada pola tanam padi -kedelai yaitu sebesar Rp. 6.3125.799,-per Ha, dan biaya produksi rata -rata per hektar per tahun pada pola tanarn padi - padi yaitu Rp, 1.165.840,-per tahun dan biaya produksi rata rata per hektar per tahun pada pola tanarn padi - kedelai pada tanaman kedelai yaitu Rp, 639.757,-per tahun dan biaya produksi rata rata per hektar per tahun pada pola tanam padi - kedelai pada tanaman padi yaitu Rp, 822.844.-per tahun, sehingga dengan demikian diperoleh t cari = 2,83 dan t tabel 0.05 = 1.86 yang menunjukkakan perbedaan yang nyata dimana t cari > t tabel. Berarti petani yang menerapkan pola tanam padi kedelai lebih menguntungkan dari pada petani yang menerapkan pola tanam padi - padi.Dianjurkan kepada petani untuk dapat meningkatkan pendapatan usahataninya dengan menerapkan pola tanam padi -kedelai dimana penerapan pola ini tidak memerlukan perluasan lahan. dan pengunaan tenaga kerjanya dalam keluarga sehingga petani tidak mengeluarkan biaya untuk pembayaran upah tenaga kerja.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN STATUS PENGUASAAN LAHAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERLAKUAN USAHATANI DAN PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR (IKHSAN, 2015)

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI ANTARA POLA TANAM PADI-PADI DAN PADI-JAGUNG DI KECAMATAN BAMBEL KABUPATEN ACEH TENGGARA (Sarah Muliana, 2018)

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH POLA TANAM PADI- KACANG TANAH DAN PADI- PADI DI KECAMATAN MANGGENG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (H A M D I, 2021)

ANALISIS EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PENGELOLAAN ZAKAT DI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Romi Juliansyah, 2020)

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN PETANI TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM) ANTARA POLA TANAM MONOKULTUR DAN POLA TANAM TUMPANG SARI DI KECAMATAN SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR (Cut Mega Ratna, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy