//

ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK REKLAME DAN PAJAK PENERANGAN JALAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fadhlan Shabry - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini merupakan suatu studi untuk mengemukakan kontribusi penerimaan pajak reklame dan pajak penerangan jalan terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kota Banda Aceh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi dan perkembangan pajak reklame dan pajak penerangan jalan terhadap PAD di Kota Banda Aceh serta melihat pertumbuhan PAD selama kurun waktu tahun 2000 sampai dengan 2006. Data yang digunakan untuk penulisan skripsi ini adalah data skunder yang diperoleh dari dinas Pendapatan Daerah, Badan Pusat Statistik, Dinas Ketenagakerjaan Dan Kependudukan dan Sumber-sumber infonnasi lainnya yang terkait dengan penelitian ini.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pajak penerangan jalan merupakan penyumbang terbesar dalam penerimaan Kota Banda Aceh dari sektor pajak daerah,dengan tingkat kontribusi rata-rata sebesar 33,64 persen pertahun terhadap PAD di Kota Banda Aceh. Sedangkan pajak reklame merupakan sumber penerimaan pajak daerah yang terendah bila dibandingkan dengan sumber pajak daerah lainnya seperti pajak penerangan jalan, pajak hotel dan restoran serta pajak hiburan, Pajak reklame memberikan kontribusi rata-rata pertahun sebesar 2,88 persen pertahun terhadap penerimaan PAD Banda Aceh. Dari hasil penelitian diketahui penerimaan PAD mengalami pertumbuhan rata-rata sebesar 44,69 persen pertahun, selanjutnya dengan menggunakan analisis trend dapat diketahui perkembangan pajak reklame dan pajak penerangan jalan dimasa yang akan datang. Dimana perkiraan penerimaan dari pajak reklame sampai dengan tahun 2012 adalah sebesar Rp 2.157.558.682 dan pajak penerangan jalan sebesar Rp 7.151.298.987, maka dapat dikatakan dari kedua pajak ini menaruh peranan yang cukup besar sebagai pembiayaan pembangunan dalam rangka mewujudkan Rencana Pembangunan, Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten/Kota di Propinsi NAD yang akan dilaksanakan pada tahun 2007 sampai dengan tahun 2012.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA BANDA ACEH (MUHAMMAD IQBAL, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RNPENERIMAAN PAJAK REKLAME DIKOTA BANDA ACEH (Yuslaidar Yusuf, 2014)

POTENSI SEKTOR PARIWISATA KOTA BANDA ACEH (ADILA GHAIDA RIZHA, 2018)

MEKANISME PEMUNGUTAN PAJAK REKLAME DAN KONTRIBUSI DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PADA KANTOR BADAN PNGELOLAAN KEUANGAN KOTA BANDA ACEH (MAZZAYA RESTA, 2019)

EFEKTIFITAS KEBIJAKAN PAJAK REKLAME DI KOTA BANDA ACEH (Fajri Zulfi, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy