//

PERBEDAAN PENDAPATAN KELOMPOK TANI DENGAN NON KELOMPOK TANI DALAM USAHA INTENSIFIKASI TANAMAN PALAWIJA DI DESA LAMBUNOT PAYA KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DEDY ANWAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

Deddy Anwar, dengan judul skripsi "Perbedaan Pendapatan Kelompok Tani Dengan Non Kelompok Tani Dalam Usaha Intensifikasi Tanaman Palawija Di Desa Lambunot Paya Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar". Dibawah bimbingan Bapak Drs. Ibrahim Saleh sebagai pembimbing utama dan Bapak Ir. Kadir Zailani, M.P sebagai pembimbing anggota. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar perbedaan efektivitas kelompok tani dengan non kelompok tani dalam usaha intensifikasi tanaman palawija di Desa Lambunot Jaya Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan di desa Desa Lambunot Paya Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar dengan mengambil 2 kelompok petani, yaitu yang bergabung dalam kelompok dan petani yang tidak bergabung dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya perbedaan efektivitas kelompok tani dengan non kelompok tani dalam usaha intensifikasi tanaman palawija di di Desa Lambunot Paya Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah petani yang terdiri dari petani dalam kelompok tani dan petani non kelompok tani. Adapun jumlah anggota kelompok tani sampel yaitu sebanyak 80 petani, dan yang non kelompok tani sebanyak 100 petani. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara percontohan acak sederhana. Oleh karena itu sampel yang diambil dalam penelitian ini masing -masing 3 7,5% dari total petani yang masuk kedalam kelompok tani atau sebanyak 30 orang petani dan 13% dari total petani yang non kelompok tani atau sebanyak 13 orang petani. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei Berdasarkan hasil penelitian yaitu pendapatan petani yang tergabung pada kelompok tani lebih besar dibandingkan dengan pendapatan petani non kelompok tani. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji 't'. Hal disebabkan dana yang digunakan oleh para petani yang tergabung pada kelompok tani dapat memperoleh berbagai fasilitas dan informasi dibandingkan petani yang non kelompok tani, sehingga produksi yang dihasilkan jauh lebih tinggi dibandingkan petani non kelompok tani. Kepada para petani dalam memilih kelompok tani sebaiknya dilihat bagaimana program yang disajikan kepada para anggotanya, sehingga akan dapat memberikan jalan dan dapat meningkatkan produksi dan pendapatan usahatani palawija kacang tanah itu sendiri.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI DAMPAK PROGRAM PEMBINAAN KELOMPOK WANITA TANI OLEH BALAI PENGKAJIAN TEKNOLOGI PERTANIAN (BPTP ) ACEH TERBADAP PENDAPATAN DAN KESEMPATAN KERJA ANGGOTA KELOMPOK WANITA TANI DI KABUPATEN ACEH BESAR (CHENDY ANANDA, 2020)

STUDI PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH IRIGASI DAN TADAH HUJAN DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEHBESAR (Salman, 2021)

ANALISIS PENDAPATAN USAHA PEMBIBITAN TANAMAN BUAH-BUAHAN PADA CV. USAHA GELORA TANI DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Afnizar, 2020)

ANALISIS KONTRIBUSI PENGHASILAN WANITA PADA CV. USAHA GELORA TANI DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA (Rahmah Caesary Nazir, 2020)

KONTRJBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN BURUH TANI PISANG TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DIKECAMATAN PADANG TIJI KAB UPATEN PIDIE (Nadya Aiza Hikmah, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy